kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menaker: UMKM merupakan bantalan ekonomi


Minggu, 15 Oktober 2017 / 10:39 WIB
Menaker: UMKM merupakan bantalan ekonomi


Reporter: Cecylia Rura | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MALANG. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengajak seluruh dunia usaha untuk lebih optimal memberdayakan masyarakat dengan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan. Hal ini diharapkan dapat membantu perkembangan bisnis pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang selama ini berperan besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Hanif mengatakan selama ini keberadaan UMKM merupakan bantalan ekonomi yang kuat saat Indonesia diterpa krisis ekonomi. Oleh karena itu perlu adanya partisipasi aktif dari seluruh dunia usaha untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat dengan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan secara lebih optimal.

Saat ini, papar Hanif, angkatan kerja Indonesia 60% lulusan SD/SMP. Oleh karena itu, kelompok ini harus ditangani dengan baik supaya memiliki keterampilan. Nantinya, mereka bisa masuk ke dunia kerja atau berwirausaha.

Hanif menambahkan, di era kompetisi seperti sekarang ini, saat kita mau berkembang maka harus melihat pesaing kita. "Kita harus bergerak lebih cepat dan berdaya saing tinggi," kata Hanif saat membuka Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna Expo di Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/10).

Dikatakan Hanif, mengajak orang berwirausaha tidak cukup hanya dengan memberi keterampilan saja, tapi juga memberikan fasilitas yang lain. "Mereka harus diajari dari hulu sampai hilirnya. Bagaimana cara membangun usaha, mencari modal, cara produksinya, marketingnya, inovasinya dan lain sebagainya," jelas Hanif.

Selain itu, kata Hanif, supaya bisa bertahan di persaingan dunia usaha, para pelaku usaha harus melakukan inovasi. Tidak kalah penting, sambungnya, UMKM harus mulai terintegrasi dengan ekonomi digital supaya bisa berkembang. UMKM bisa menjadi kekuatan ekonomi nasional jika dikelola dengan baik.

Senada dengan Menaker, Walikota Malang Mochamad Anton mengatakan, pemerintah terus mendukung upaya swasta dalam memberdayakan UMKM di Jawa Timur, khususnya di Kota Malang. "UMKM merupakan salah satu sektor unggulan yang harus diberikan pelatihan, dikembangkan dan disinergikan dengan berbagai pihak mulai dari swasta, akademisi, hingga media," jelas Anton.

Sementara itu, Presiden Direktur Sampoerna Mindaugas Trumpaitis mengatakan, perjalanan Sampoerna dalam memberikan kontribusi pengembangan UMKM di Jawa Timur merupakan prestasi yang membanggakan. "Hingga kini, terdapat sekitar 19.000 orang di Jawa Timur dan lebih dari 30.000 orang di Indonesia yang mengikuti pelatihan kewirausahaan dan menjadi pelaku UMKM binaan," kata Mindaugas.

PPK Sampoerna Expo 2017 diikuti oleh 72 stand UMKM dan diselenggarakan pada tanggal 14-15 Oktober 2017 bertempat di Taman Krida Budaya, Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×