kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menampung laba dari air minum isi ulang


Selasa, 05 Januari 2016 / 14:36 WIB
Menampung laba dari air minum isi ulang


Reporter: Merlina M. Barbara | Editor: Tri Adi

Tawaran kemitraan depo air minum datang dari Surabaya bernama Depo Air Minum Elim. Paket investasi Rp 200 juta. Mitra mendapat peralatan usaha, desain interior hingga pelatihan karyawan. Targetnya, mitra bisa balik modal sekitar dua tahun hingga tiga tahun.

Kebutuhan akan air bersih layak minum masih tinggi, terutama di kota-kota besar. Itu sebabnya, usaha depo air minum isi ulang masih cukup menjanjikan. Salah satu pengusaha yang ikut berkecimpung di sektor ini adalah Teguh Sansan. Lewat bendera usaha Depo Air Minum Elim di Surabaya, dia menawarkan kemitraan usaha sejak empat tahun silam.

Saat ini Depo Air Minum Elim telah memiliki satu mitra di Mendoan, Surabaya. Sementara pusat memiliki lima cabang di daerah Surabaya dan Batam. Teguh menjelaskan, paket investasi yang ditawarkannya kepada mitra yakni senilai Rp 200 juta. Mitra akan mendapatkan fasilitas pembangunan interior dan eksterior, mesin operasional, mesin pendukung seperti kasir, dan cctv, seragam karyawan, perekrutan dan pelatihan karyawan. Biaya ini sudah termasuk franchise fee sebesar Rp 30 juta.

Depo Air Minum Elim menawarkan jasa isi ulang berupa walking service dan delivery service. Walking service adalah layanan ketika pelanggan langsung datang ke Depo. Pada layanan ini kata Teguh, pelanggan dapat menyaksikan langsung proses pembersihan, pencucian, pembilasan, pengisian air minum kedalam galon, hingga memberi segel plastik ke tutup galon.

Sedangkan pada layanan antar, pihaknya siap mengantarkan galon ke konsumen. Bagi pelanggan yang datang langsung dikenakan tarif sebesar Rp 4.500 per galon dan jasa antar sebesar Rp 5.500 per galon. Depo Air Minum Elim juga menyediakan galon kosong seharga Rp 28.000 per unit.

Teguh bilang, untuk estimasi omzet ditentukan dari seberapa lama usaha itu telah berdiri. Ia mengatakan, pada enam bulan awal berdiri, mitra akan mengalami minus. Namun, setelah usaha semakin dikenal, mitra akan mampu meraup omzet sebesar Rp 22 juta per bulan dengan laba bersih sebesar Rp 11 juta per bulan. Dengan begitu, mitra diperkirakan dapat balik modal maksimal selama tiga tahun.
Perhatikan lokasi usaha

Untuk tempat usaha, Teguh menganjurkan mitra untuk memiliki tempat sendiri sehingga tak perlu menyewa tempat. Adapun syarat luas ruangan adalah sekitar 6 meter persegi (m²). Dalam menjalankan usaha ini, setidaknya harus memiliki tiga orang karyawan. Mitra wajib memesan ke pusat berupa tutup galon, segel galon, dan tisu galon.

Meski banyak memiliki kompetitor, namun kata Teguh, Depo Air Minum Elim memiliki keunggulan dari sisi layanan antar yang masih belum banyak dilakukan pesaing. Selain itu, teknologi yang dipakai di atas standar dengan sistem dua kali pembunuhan bakteri seperti pabrikan besar air mineral.

Pietra Sarosa, pengamat waralaba mengatakan, lokasi usaha sangat penting karena pasarnya adalah warga yang tidak memiliki air tanah yang layak minum. Pusat harus objektif dan akurat dlm melakukan survei penentuan lokasi. "Satu hal lagi, rekam jejak pusat harus diperhatikan," kata Pietra.     n

Depo Air Minum Elim         
Kendal Sari Selatan R21,
Ruko Pondok Citra Eksekutif Surabaya, Jawa Timur
HP:  0896 7600 0000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×