kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,05   6,45   0.65%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menangkap peluang gerai roti tangkup


Selasa, 20 Februari 2018 / 11:10 WIB
Menangkap peluang gerai roti tangkup


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID -  Besarnya jumlah penduduk Indonesia jadi daya tarik bisnis kuliner. Tak heran, pemain baru terus saja bermunculan. Salah satunya, Muhammad Gunawan yang membuka gerai Goenchicks Burger pada Maret 2016 di Bekasi, Jawa Barat.  

Setelah membuka cabang di Padang, Sumatra Selatan, Gunawan membuka peluang kemitraan pada Mei 2017. Kini, sudah ada 11 unit gerai mitra yang tersebar di berbagai kota.  

Gun, panggilan akrabnya, mengatakan, kelebihan gerai burger ayam miliknya adalah ukuran burgernya yang besar. Ukuran patty (daging burger) berdiameter 11 centimeter. Dia juga mengklaim roti burgernya memakai bahan berkualitas.

Chicken Combo menjadi menu andalan. Namun, Gun menyiapkan 25 menu lainnya. Harga produknya Rp 20.000 sampai Rp 33.000 per porsi.

Goenchicks Burger menawarkan empat paket kemitraan. Pertama, paket Rp 15 juta dengan fasilitas satu unit booth, branding, serta seragam karyawan. Kedua, paket Rp 18 juta dengan fasilitas satu unit booth, branding, seragam karyawan, dan bahan baku sebanyak 100 porsi.

Ketiga, paket Rp 10 juta. Yang didapatkan mitra adalah satu unit booth, bahan baku 100 porsi, branding, peralatan masak lengkap, pelatihan dan seragam karyawan. Keempat, paket Rp 50 juta dengan fasilitas desain interior, perlengkapan masak lengkap, branding, pelatihan, bahan baku awal sebanyak 200 porsi dan tambahan lainnya.

Perlu dicatat, untuk paket keempat calon mitra wajib menyiapkan lokasi yang bisa menampung 10 meja plus empat karyawan. Agar rasa tak berubah dan menjaga kualitas, mitra wajib belanja bahan baku dari pusat.

Berdasarkan perhitungannya, mitra sudah bisa balik modal dalam waktu enam bulan dengan target pendapatan Rp 3,5 juta per hari. Setelah dikurangi biaya belanja dan operasional, porsi keuntungan bersih yang dapat dikantongi mitra masih sekitar 40% dari omzet saban bulannya.

Gun mengincar 10 mitra baru sepanjang tahun 2018. Salah satu strateginya untuk mencapai target tersebut adalah getol melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram dan memasang iklan berbayar.

Djoko Kuriawan, Konsultan Bisnis, menilai, potensi bisnis gerai burger masih cukup bagus karena menu ini banyak digemari oleh anak muda.

Dengan makin banyaknya mitra yang bergabung, manajemen dan mitra wajib membangun hubungan baik serta komunikasi yang terbuka. Selain itu, manajemen juga harus menyiapkan sistem yang jelas dengan standar baku untuk mendorong usahanya terus berjalan dengan baik. "Pemilik merek harus mendorong mitra selalu mempertahankan kualitas dan mutu produk serta layanan," katanya pada KONTAN, Kamis (1/2).        

Goenchicks Burger
Jl Margahayu Raya No 46
Bekasi Timur, Jawa Barat
HP. 08128001184

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×