: WIB    --   
indikator  I  

Menata cuan apik dari bisnis binatu

Menata cuan apik dari bisnis binatu

JAKARTA. MAKIN padatnya jadwal pekerjaan dan aktivitas, membuat pekerjaan rumah jadi terbengkalai. Mencuci salah satunya. Seringkali pekerjaan ini pun dilimpahkan pada jasa binatu.

Situasi ini membuat peluang jasa binatu atau laundry kiloan makin besar. Apik Primadya pun menangkap peluang dengan menawarkan kemitraan Apique Laundry, gerai laundry yang dibuka sejak 2008 silam di Jakarta. Mulai menawarkan kemitraan pada 2015 lalu, kini Apik sudah membuka sembilan gerai mitra di berbagai daerah.

Awalnya, Apik mengaku, tertarik membuka usaha ini karena pengalamannya yang sulit mendapatkan jasa cuci pakaian kiloan saat masih duduk sebagai Mahasiswa. 

"Saya amati saat itu di area saya banyak kontrakan dan kost dan disana belum ada laundry kiloan, ini kesempatan yang menarik," katanya kepada KONTAN, Minggu (16/4).

Sekedar informasi, selain melayani jasa cuci kiloan, Apique Laundry juga melayani cuci satuan, dry clean dan perawatan sepatu. Tarif cucinya dibanderol sekitar Rp 9000 per kilogram (kg) dan Rp 35.000 untuk treatment sepatu.

Apik mengklaim, kelebihan laundry-nya adalah menggunakan deterjen dan packaging ramah lingkungan, serta mempunyai layanan ekspress empat jam selesai.

Tawarkan dua paket

Bila ingin bergabung dengan usaha ini, ada dua paket kerjasama yang ditawarkan. Pertama, paket senilai Rp 20 juta. Dengan modal itu, fasilitas yang didapatkan mitra adalah satu unit mesin cuci, pengering, perlengkapan tambahan lainnya. Untuk paket ini, mitra harus menyiapkan area seluas 24 meter persegi plus dua orang karyawan. Paket ini juga hanya menyediakan jasa cuci kiloan.

Kedua, paket senilai Rp 59,8 juta. Mitra mendapatkan dua unit mesin cuci, pengering, chemical 10 liter tiap jenisnya, branding dan perlengkapan tambahan lainnya. Sedangkan untuk tempatnya, mitra diminta menyiapakan lokasi seluas 35-40 meter persegi dengan tujuh orang karyawan.

Untuk paket ini, jasa laundry yang dapat ditawarkan adalah cuci kiloan, cuci satuan, dryclean, dan perawatan sepatu.  Yang perlu diingat, nilai tersebut masih diluar sewa tempat dan juga renovasi lokasi. Kerjasama ini tidak mengenakan biaya royalti. Hanya, mitra wajib mengambil deterjen, pewangi dan pmutih dari pusat.

Berdasarkan perhitungannya, waktu balik modal mitra sekitar tujuh bulan dengan target omzet sekitar Rp 40 juta perbulan. Setelah dikurangi biaya belanja deterjen dan operasional, porsi keuntungan bersih yang dapat dikantongi mitra sekitar Rp 15 juta.

Sepanjang tahun ini, Apik menargetkan dapat menjalin kerjasama dengan 20 mitra baru yang berada di seluruh Indonesia. 

Pengawat usaha, Erwin Halim menilai, target omzet dalam kemitraan ini masih cukup rasional untuk dicapai. Dengan catatan, lokasi usaha mitra harus strategis, seperti dekat dengan area universitas atau apartemen. Tidak hanya itu, pelayanan juga harus maksimal karena karakter konsumen laundry mudah kapok.

Untuk potnesi usahanya sendiri masih sangat bagus selama masih banyak orang yang sibuk dengan pekerjaannya.                                           

Apique Laundry                                                                                                                                                                                                                      Kebagusan Raya No 65, Jakarta Selatan                                                                                                                                                                                           Tlp  081513008900


Reporter Tri Sulistiowati
Editor Havid Vebri

USAHA IKM

Feedback   ↑ x
Close [X]