kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,64   -7,73   -0.78%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencetak cuan dari bisnis studio foto


Kamis, 18 Desember 2014 / 11:37 WIB
Mencetak cuan dari bisnis studio foto
ILUSTRASI. Inflasi bulan Juni 2023 diproyeksi lebih tinggi dari bulan Mei 2023


Reporter: Rani Nossar | Editor: Edy Can

Meski mengabadikan momen penting kini sudah makin mudah dengan menggunakan ponsel pintar yang memiliki resolusi camera tinggi, namun studio foto masih tetap dibutuhkan. Tidak jarang konsumen membutuhkan layanan fotografi yang lebih profesional untuk momen besar seperti pernikahan atau ulang tahun.

Itulah yang membuat Eric Lee membuka bisnis layanan fotografi bernama Origamii. Agar memiliki nilai tambah, pria yang memiliki hobi fotografi ini menawarkan jasa fotografi one stop service dalam satu tempat. Selain standar jasa studio foto, photo booth, photo print, dia juga menawarkan creative print, seperti mozaik, karikatur, foto puzzle, photo enlargement, serta penjualan bingkai foto, dan aksesori foto, seperti mini album.

Origamii juga melayani jasa penyewaan instant booth dan instant studio bagi pelanggan yang ingin merayakan pesta atau pernikahan atau lainnya.

Mulai berdiri di bawah naungan PT Citra Kreativa pada November 2011, gerai Origamii pertama kali berada di Blitzmegaplex Central Park. Kemudian di 2012, dia mulai menawarkan kemitraan usaha.

Saat ini Origamii sudah memiliki total 19 gerai, yakni 11 gerai milik pusat dan delapan sisanya milik mitra yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Medan, dan Palembang.

Jika Anda berminat, Eric menyiapkan tiga paket investasi. Paket A senilai Rp 370 juta, paket B seharga Rp 270 juta dan paket C senilai Rp 218 juta. Di dalamnya termasuk biaya franchise untuk paket A sebesar Rp 50juta, paket B Rp 40 juta, dan paket C senilai Rp 30 juta.

Lokasi di mall
Mitra akan mendapat fasilitas mesin cetak foto, photo booth, produk kreatif, aksesori, set foto studio, komputer, material promo, rak display, hingga printer. Perbedaan tiap paket terletak pada dekorasi, properti, kuantitas produk ritel, perlengkapan, serta stok awal.

Masa kontrak kerjasama selama 3 tahun. Jika ingin memperpanjang kontrak, mitra hanya membayar biaya franchise fee. Bahan baku yang wajib dipasok dari pusat lebih kepada perlengkapan pendukung seperti seragam, amplop dan CD beserta produksi cetakan besar, dan laser.

Eric mengutip biaya royalti 5% dari omzet tiap bulan. Untuk tipe A, Eric memproyeksikan omzet sekitar Rp 70 juta per bulan, tipe B seharga Rp 45 juta, dan tipe C senilai Rp 32,5 juta. "Rata-rata laba bersih di kisaran 30%−35% dari omzet," ujar dia.

Target balik modal mitra sekitar 17 bulan sampai 20 bulan. Eric menyarankan lokasi yang cocok yakni di dalam mall. Luas tempat usaha mulai dari 8 meter persegi (m²)−45 m².

Khoerussalim Ihsan, pengamat Waralaba dari Entrepreneur College, berpendapat, saat ini jasa tempat foto masih dibutuhkan, asalkan, layanan bervariatif dan produknya berkualitas. Selain itu lokasi usaha juga harus tepat sasaran.

Origamii          
PT Daya Kreativa,
Ruko Puri Mansion
Blok B No 33,
Jakarta Barat.
HP: 08158100543

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×