kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencicipi laba dari restoran khas Sunda


Selasa, 24 November 2015 / 16:03 WIB
Mencicipi laba dari restoran khas Sunda


Reporter: Merlina M. Barbara | Editor: Tri Adi

Konsep bisnis kemitraan kuliner semakin banyak di lirik. Kali ini tawaran kemitraan datang dari restoran Mang Kabayan yang menawarkan investasi mulai Rp 150 juta hingga Rp 350 juta. Mitra dapat balik modal dalam tempo 18 bulan hingga 24 bulan.

Kekhasan makanan tiap daerah masih menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner. Salah satunya adalah makanan khas sunda yang cukup dikenal oleh masyarakat luas di luar Jawa Barat. Banyak restoran khas sunda berekspansi. Salah satunya adalah  Mang Kabayan.

Berdiri sejak  8 November 2004, Mang Kabayan mulai menawarkan bisnis kemitraan tahun ini juga. Meski terbilang baru, hingga saat ini, Mang Kabayan memiliki sembilan gerai di Cibubur, Depok, Sentul City, Salabenda Bogor, Bintaro, Karawaci, Bekasi, Cikarang, dan Sukabumi. Enam di antaranya milik mitra.

Sardiatmo Haryadi, Operational & Marketing Manager PT Sumber Pangan Lestari, pengelola Mang Kayaban, mengatakan, ada tiga paket investasi, yakni Rp 150 juta, Rp 250 juta, dan Rp 350 juta. Mitra akan mendapat jaminan kualitas produk dan standardisasi rasa, pengembangan menu, kunjungan periodik, pasokan bumbu olahan, seorang leader dan wakil leader kitchen, supervisor, dan training crew kitchen selama tiga bulan.

Besaran nilai kemitraan tergantung ukuran gerai. Luas gerai terbagi 60% untuk lahan parkir dan 40% untuk ruangan atau saung. Pada investasi Rp 150 juta, ukuran gerai sekitar 1.000 meter persegi (m²), sementara ukuran 1.000 m²-2.000 m², investasinya Rp 250 juta, dan gerai ukuran di atas 2.000 m² investasinya Rp 350 juta. Investasi ini tidak termasuk pengadaan bahan baku dan perlengkapan dapur. “Kami hanya memberikan lisensi ke mitra,” jelas Sardiatmo.

Manajemen solid

Adapun menu unggulan khas Sunda yang ditawarkan Mang Kabayan meliputi olahan gurame, kangkung kriuk, tahu isi spesial, kepiting lada hitam, sayur asem, dan karedok. Gerai Mang Kabayan juga menyediakan berbagai minuman, seperti es campur, es dawegan, es kopyor, hitam, aneka kopi dan juice.

Varian makanan di Kang Kabayan dibanderol seharga Rp 25.000 hingga Rp 80.000 dan untuk minuman Rp 2.500 hingga Rp 27.500. Sardiatmo mengatakan, estimasi omzet yang ditargetkan ke mitra adalah Rp 300 juta hingga Rp 800 juta per bulan, dengan proyeksi laba bersih 25% hingga 30%. Mitra diperkirakan dapat balik modal dalam 18 bulan hingga 24 bulan.

Sardiatmo menambahkan, kerja sama ini berlaku selama lima tahun dan dengan royalty fee 5% dari penjualan bulanan. Keunggulan Mang Kayaban terletak pada sistem dan manajemen yang solid dan teruji, serta sentralisasi bumbu olahan. Hingga akhir tahun, targetnya bisa mendapat dua mitra lagi.

Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin mengatakan, usia Mang Kabayan yang sudah 11 tahun merupakan hal positif untuk menawarkan kemitraan. Sebab, sistem manajemen sudah terbukti solid dan mampu melewati tekanan. Tapi, "Harus dipastikan apakah brand Mang Kabayan sudah cukup dikenal luas," katanya. Mitra juga harus memilih lokasi yang mendukung.    

Mang Kabayan         
Jl. Alternatif Cibubur Cileungsi, Km. 1, Bogor
Telp. 08999316225

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×