kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencuil gurih laba Popchop Chicken


Selasa, 30 Mei 2017 / 16:09 WIB
Mencuil gurih laba Popchop Chicken


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Ayam mudah diolah menjadi beragam sajian. Mulai dari ayam goreng, chicken katsu dan lainnya. Menyatukan banyak sajian ayam dalam satu bisnis, tentu menjadi ide yang menarik.

Seperti yang dilakukan oleh Popchop. Usaha kuliner olahan ayam ini berdiri sejak  2015. Berhasil membuka lima outlet sendiri, Popchop mulai menawarkan kemitraan pada tahun 2016. “Saat ini, kami punya dua mitra, di Makassar dan Tangerang,” ujar Alfons Yoshua, Managing Director Popchop.

Ada dua paket kemitraan Popchop. Pertama, paket booth dengan franchise fee sebesar Rp 60 juta. Kedua, paket unit dengan franchise fee sebesar Rp 150 juta.

Selain franchise fee, pada awal kerjasama, mitra juga harus siapkan modal untuk interior, booth, peralatan dan bahan baku, serta deposit lokasi sewa. Alhasil, total modal awal berkisar Rp 200 juta untuk paket booth, dan Rp 510 juta untuk paket unit.

Yoshua menjelaskan, pihaknya punya beberapa rekomendasi lokasi yang tersedia dan siap digunakan. Untuk bahan baku awal, mitra akan mendapat pasokan bahan baku selama satu minggu. “Biasanya di awal akan habis 100-200 porsi per hari,” tutur dia.

Selain fasilitas di atas, mitra juga akan mendapatkan pendampingan dan training selama tujuh hari pertama.

Harus siap bersaing

Setiap gerai Popchop, menjual berbagai menu ayam. Seperti, original chicken, taiwan pepper, dan super seaweed. Selain itu, tersedia pula jamur, kentang, daging sapi, nasi, serta minuman.

Menu-menu Popchop ini berbanderol Rp 16.364-Rp 47.273. “Tapi untuk wilayah luar kota, ada perbedaan harga. Itu bisa menyesuaikan,” tutur Yoshua.

Menjual menu-menu ayam dengan berbagai rasa, mitra diharapkan bisa menjual 50-75 porsi pada hari biasa, dan 120 porsi pada akhir pekan. Dengan demikian, mitra bisa raup omzet hingga Rp 80 juta dalam satu bulan. Harapannya mitra balik modal dalam waktu 10 bulan. “Kalau penjualan tinggi bisa 5-6 bulan,” jelas Yoshua.

Kerja sama antara mitra dan gerai pusat Popchop berlangsung selama lima tahun. Setelah lima tahun, akan ada mekanisme perpanjangan kontrak dengan biaya yang menyesuaikan inflasi. Selama terikat kerjasama, mitra membayar royalti sebesar 5% dari omzet setelah pajak.

Yoshua merekomendasikan lokasi gerai di pusat perbelanjaan seperti mal, supermarket ataupun foodcourt. Kebutuhan luas ruang booth minimal 10 m2-15 m2. dan unit memiliki luas 20 m2-35 m2 .

Erwim Halim pengamat waralaba dari Proverb Consulting menilai bahwa potensi pasar bisnis kuliner ayam masih sangat besar. Namun, pelaku bisnis ini harus siap dengan persaingan yang juga besar. "Harus ada value prepotition yang jadi pembeda dia dari pemain lainnya," ujar Erwin.

Sementara itu, dari sisi paket kemitraan, Erwin mengapresiasi investasi awal yang mencakup sewa tempat. Hal ini tentu memudahkan mitra untuk menemukan lokasi yang tepat. Namun,  target balik modal dalam waktu lima bulan agak sulit untuk diwujudkan.

Di samping itu, Erwin tetap tak lupa menegaskan perlunya marketing support yang kontinyu untuk mitra.

Popchop Chicken                                                                                                                                                                                                                      Perumahana Palem Ganda Asri 2,                                                                                                                                                                                                 Cluster CC, Blok SS No. 5, Karang Tengah Tangerang                                                                                                                                                                         HP. 0818229222

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×