kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencuil peruntungan toko fesyen Carvil


Rabu, 29 Oktober 2014 / 15:13 WIB
Mencuil peruntungan toko fesyen Carvil


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Rizki Caturini

Bisnis fashion memiliki ceruk pasar yang besar, mengingat tren pakaian dan aksesori selalu bergerak mengikuti zaman. Namun, banyaknya pesaing dari dalam maupun luar negeri membuat pelaku usaha harus mampu membangun brand agar tidak tergilas.  Salah satunya adalah PT Carvil Abadi, produsen dan distributor produk fashion dengan merek Carvil. Perusahaan ini menjual aneka produk fashion mulai dari sandal, sepatu, jins, kemeja, serta aneka produk lainnya.

Perusahaan sudah memproduksi barang-barang fashion sejak tahun 1980-an. Operasional Manager PT Carvil Abadi, Unang, mengatakan, sampai saat ini sudah ada 80 toko ritel milik pusat yang tersebar di 13 lokasi di wilayah Jabodetabek. Pada tahun 2012, Carvil mulai menawarkan kemitraan usaha. Sampai sekarang sudah 25 gerai milik mitra yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Jika berminat, Carvil menawarkan dua paket kemitraan. Pertama, paket satu ruko dengan nilai investasi Rp 85 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah, perijinan usaha, peralatan elektronik, sistem dan biaya untuk memulai usaha. Biaya tersebut belum termasuk sewa tempat.

Kedua, paket dua ruko dengan nilai investasi sebesar Rp 105 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra sama dengan paket sebelumnya, namun fasilitas disesuaikan lantaran luas tempat usaha lebih besar. Pusat akan menyediakan tenaga kerja dengan sistem bagi hasil. “Mitra akan mendapatkan 12% margin total tiap bulan,” jelas Unang.

Ada garansi produk

Harga sandal mulai dari Rp 42.000−Rp 400.000 per unit untuk sandal dan sepatu. Sebulan, mitra bisa meraup omzet rata-rata Rp 80 juta−Rp 90 juta. Setelah dikurangi biaya operasional, mitra diprediksi bisa balik modal dalam tujuh bulan.

Unang mengatakan bila mitra membuka gerainya bertepatan dengan tahun ajaran baru, maka waktu balik modal bisa lebih cepat. Meski Carvil merupakan merek fashion lokal, Unang mengklaim produknya berkualitas baik karena menggunakan bahan baku yang baik.

Uniknya, seluruh produk Carvil dilengkapi dengan garansi. Sehingga saat produk yang dibeli mitra rusak barang bisa diganti dengan yang baru.
Hingga akhir tahun ini, Carvil masih akan fokus mengembangkan gerai ritelnya diwilayah Jabodetabek. “Sampai sekarang kita masih kewalahan untuk memenuhi permintaan konsumen,” katanya.

Pengamat waralaba, Amir Karamoy, mengatakan, potensi usaha fashion masih besar tetapi persaingan di dalamnya juga makin ketat. Bila ingin terus bertahan, maka Carvil harus terus melakukan branding.  Selain itu, menjalin hubungan baik dengan pelanggan itu juga penting. Untuk mitra yang bergabung, agar bisnis bisa bertahan pemilihan lokasi juga menjadi point yang sangat penting.         n

PT Carvil Abadi          
Jl Muara Baru No 1A, Kompleks Pergudangan Marlina Penjaringan, Jakarta Telp: 021-6630790

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×