kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencukur peluang dari Five-O Barbershop


Kamis, 08 Februari 2018 / 11:30 WIB
Mencukur peluang dari Five-O Barbershop


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Lantaran potong rambut merupakan kebutuhan rutin setiap lelaki, bisnis barbershop kian seksi dimata para pemilik modal. Salah satunya, Romi Cahaya Fajar yang membuka Five-O Barbershop pada 2013 lalu di Temanggung, Jawa Tengah. Romi sendiri pernah bekerja sebagai barberman di kapal pesiar. 

Setelah memiliki tiga gerai di Temanggung dan Magelang, awal tahun 2017, Romi menawarkan kemitraan. Kini, dia baru membuka satu gerai mitra di Yogyakarta.  
 
Berbeda dengan barbershop lainnya, Romi tak menyediakan jasa hair tattoo karena ia mengusung konsep classic hair cut. "Gaya ini membuat laki-laki tampak lebih gentleman dan rapi," katanya. 
 
Meski bgitu, pelanggan tetap bisa melakukan masker rambut, pewarnaan, pijat, dan saving. Ongkosnya dipatok mulai Rp 20.000 sampai Rp 80.000.  
 
Five-O Barbershop menawarkan paket kemitraan senilai Rp 60 juta. Fasilitas yang didapatkan oleh mitra adalah peralatan lengkap salon, dekorasi, sistem, penggunaan merek usaha, pelatihan, karyawan, branding dan produk. Mitra harus menyiapkan ruang berukuran 4x10 m2. Sementara, pusat akan menyiapkan dua karyawan. 
 
Ada dua pilihan sistem kerjasama. Pertama, full management dengan porsi bagi hasil 30% (manajemen) dan 70% (mitra) dari keuntungan bersih. Kedua, pengelolaan oleh mitra. Namun, mitra tetap harus menyetorkan bagian dari net profit sebesar 15% ke pusat. 
 
Berdasarkan perhitungannya, dalam waktu kurang dari setahun mitra sudah bisa balik modal. Dengan catatan, saban harinya mendapatkan 15-30 pelanggan dengan pendapatan per bulan minimal Rp 35 juta. Setelah dikurangi biaya belanja produk dan operasional keuntungan bersih yang didapatkan mitra masih sekitar 50%. 
 
Bila tidak ada halangan, Romi bakal membuka satu gerai milik mitra di Magelang. Laki-laki berusia 32 tahun ini mengaku masih akan fokus mengembangkan usahanya di wilayah Jawa Tengah agar usaha mitra dapat terkontrol. "Lagipula saya belum pernah survei lokasi sampai diluar Jawa Tengah," ungkapnya. 
 
Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai, potensi usaha barbershop cukup bagus karena tiap orang perlu jasa ini secara rutin. Bila konsumen merasa cocok mereka cenderung mendatangi barbershop itu kembali. 
 
Yang harus dilakukan manajemen dan mitra adalah saling mendukung untuk memajukan usaha ini. Prinsipnya yang dipakai adalah kepuasan bagi konsumen. Ketika persaingan sudah cukup ketat dengan kualitas produk dan keahlianl yang sama, maka hanya layanan memuaskan yang bisa membuat usaha ini berjalan dengan baik dan bisa bertumbuh.       
 
Five-O Barbershop 
Jl Kartini No. 3 (Depan SMA1)
Temanggung,
HP. 082137401044

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×