kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.107
  • SUN97,12 0,58%
  • EMAS621.140 0,49%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Mencuri peluang dari gairah jalan-jalan dengan menjadi personal tour guide

Sabtu, 05 Mei 2018 / 18:20 WIB

Mencuri peluang dari gairah jalan-jalan dengan menjadi personal tour guide

KONTAN.CO.ID - Sektor pariwisata terus menggeliat. Pertumbuhan ekonomi serta serta perubahan kebiasaan dari konsumsi produk ke pengalaman (leisure) menjadi salah satu faktor bergairahnya industri wisata. Kini, perjalanan bervakansi bisa dinikamati semua kalangan dari berbagai rentang usia.

Peluang pariwisata inilah yang dilihat oleh pemandu wisata atau tour guide untuk mengumpulkan pundi-pundi uangnya. Biasanya profesi ini dilakoni oleh orang-orang yang gemar menjelajahi berbagai tempat wisata, baik melihat budaya, menyantap kuliner, menguji adrenalin mendaki gunung, atau menikmati keindahan atas dan bawah laut.

Bermula dari hobi jalan-jalan dan camping sejak di bangku SMA mengantarkan Whim Trispandy asal Batu, Jawa Timur menjadi seorang personal tour guide. Pria yang akrab disapa Whiempy ini memulai debutnya sebagai pemandu wisata profesional sejak tahun 2009.

Awal menjadi tour guide lepas, ia mengaku tidak mematok tarif khusus. Namun setelah mendapatkan sertifikasi dan lebih profesional, barulah Whiempy menentukan tarif. "Dulu, saya masih belajar, kalau ada pelanggan, mereka bayar  seikhlasnya saja" tuturnya.

Menurut Whiempy, kunci utama menjadi seorang tour guide profesional adalah pelayanan terbaik yang memuaskan pelanggan. Oleh karena itu, dia banyak mempelajari budaya, sejarah dan kondisi geografis sebuah tempat wisata. Pemahaman sejarah dan  latarbelakang terbentuknya sebuah tempat wisata sangat penting bagi seorang tour guide.

Belum lagi tantangan di lapangan tak pernah bisa ditebak, terlebih tempat wisata alam. Wisata alam memang menawarkan panorama keindahan yang tak terbatas, namun di balik itu, ada kejadian yang tak pernah bisa diprediksi, seperti bencana alam.  

Maka dari itu, tantangan terberat seorang tour guide adalah bisa survive disegala situasi. "Banyak tour guide yang bisa mengantar dan bercerita pada wisatawan, tapi sedikit yang bisa terus bertahan. Padahal tugas kami tak hanya menemani dan mengantar wisatawan, tapi juga bisa mengambil keputusan dan memberi solusi dalam kondisi darurat," ungkapnya.

Sesekali dia pun harus menggendong seorang wisatawan yang sakit. Selain itu, saat kondisi cuaca tak sesuai harapan, dia juga harus menyiapkan rencana lain demi keselamatan dan kenyamanan wisatawan. "Harus bisa ambil keputusan dengan cepat dan tepat, apalagi kalau ada wisatawan yang sakit," katanya.

Hampir sepuluh tahun menjadi tour guide profesional, Whiempy mengaku sudah menguasai semua tempat wisata di Jawa Timur dan beberapa tempat wisata di Lombok. Namun, dia juta masih terus belajar dan memperbarui informasi  seputar tempat wisata yang diincar para wisatawan. "Saya spesialis Malang, Batu, Jawa Timur dan sekitarnya, Lombok," ujarnya.

Tak hanya disewa sebagai personal tour guide, Whiempy juga kerap diajak kerjasama oleh biro perjalanan. "Biro perjalanan jarang yang punya tour guide profesional, mereka hanya mengantarkan tamu sampai tujuan saja," ujarnya.

Soal tarif, Whiempy bilang,  standar tarif tour guide di Malang dan sekitarnya Rp 300.000-Rp 400.000 per hari untuk wisatawan lokal dan Rp 750.000 untuk wisatawan asing. Saat pekan liburan, Whiempy selalu kebanjiran order. "Booking minimal bisa seminggu sebelumnya. Tapi kalau pas musim libur, bisa sebulan sebelumnya. Bahkan,  turis asing booking bisa tiga sampai lima bulan sebelumnya," jelasnya.


Reporter: Elisabeth Adventa, Maizal Walfajri, Nur Pehatul Janna
Editor: Johana K.

0

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hotel santika premiere Slipi
26 July 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.1832 || diagnostic_web = 0.3863

Close [X]
×