kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendadani laba bengkel Mr. Montir


Jumat, 02 Februari 2018 / 11:00 WIB
Mendadani laba bengkel Mr. Montir


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Jumlah motor yang terus bertambah tiap tahun membuat bisnis bengkel motor juga terus berkembang. Sejumlah pelaku usaha bengkel motor pun menawarkan kemitraan.

Salah satunyak Okto Larido yang membesut Mr. Montir. Berdiri sejak 2010 dan menawarkan waralaba setahun kemudian, kini Mr. Montir telah membuka dua gerai sendiri dan 110 gerai mitra. “Gerai Mr. Montir yang terjauh saat ini ada di Aceh dan Makassar,” kata Okto.

Ada dua paket kemitraan Mr. Montir. Yakni, Paket Express senilai Rp 211 juta dan Paket Reguler senilai Rp 369 juta. Fasilitas yang diperoleh mitra adalah franchise fee selama lima tahun senilai Rp 50 juta (Paket Express) dan Rp 75 juta (Paket Reguler), desain dan renovasi bangunan, perlengkapan bengkel, sistem informasi dan elektronik, peralatan montir, alat kebersihan dan alat tulis, media promosi (spanduk, brosur, dll), fixtures, consumables, rekrutmen dan pelatihan karyawan.

Yang membedakan dua paket ada pada kelengkapan peralatan bengkel karena jenis pelayanannya berbeda. Paket Reguler bisa menerima perbaikan sepeda motor sampai turun mesin, sedangkan Paket Express hanya melayani perawatan ringan seperti ganti oli, ganti sparepart kecil dan sebagainya. Pada kedua paket itu, mitra juga harus menyetor deposit  Rp 20 juta.

Mr. Montir menawarkan aneka sparepart dan jasa perbaikan sepeda motor, seperti ganti oli mesin, servis lengkap injeksi & injector sport, servis lengkap sport, ganti ban, isi baru dan tambah nitrogen, ganti gear set, ganti mesin dan sebagainya. Ongkos jasanya mulai  Rp 33.000–Rp 315.000.

Perkiraan omzet tiap gerai berkisar Rp 60 juta–Rp 125 juta per bulan. Ada biaya royalti khusus bagi mitra dengan omzet di atas Rp 40 juta per bulan. Laba yang bisa dikantongi 30% dari omzet, sehingga perkiraan waktu balik modal atau BEP maksimal adalah 24 bulan.

Pengamat Waralaba dari Entrepreneur College, Khoerussalim Ikhsan berpendapat prospek bisnis bengkel dan suku cadang motor masih bagus. Terkait tawaran Mr. Montir, Khoerussalim mengapresiasi sistem terintegrasi yang sedang dikembangkan dan tenaga montir yang disediakan oleh pusat. Meski demikian, menurutnya perlu ada kelebihan lain dari jasa yang ditawarkan, dibandingkan dengan bengkel lainnya. "Persaingan makin ketat. Jadi mau tidak mau harus bersaing dari segi pelayanan," jelas Khoerussalim.  

Mr. Montir
Gd. The Capitol, Jl. Letjen S. Parman Kav. 73, Slipi
Jakarta Barat
HP. 08569933525

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×