: WIB    --   
indikator  I  

Mengaduk peluang bisnis coklat plus kopi

Mengaduk peluang bisnis coklat plus kopi

JAKARTA. Minuman kopi, coklat dan teh punya banyak penggemar. Peluang bisnis minuman ini pun cukup menjanjikan. Berbagai merek usaha pun mulai banyak bermunculan.

Salah satu usahanya yaitu Chocofee Cihuy di Bekasi. Berdiri sejak 2015, Chocofee Cihuy resmi menawarkan kemitraan tahun lalu. Kini, ada 15 gerai mitra di Kalimantan, Sumatra dan Sulawesi. “Rencananya sih setiap bulan gandeng 10-15 mitra baru,” ujar Renny Permani, Staf Marketing Chocofee Cihuy.

Ingin jadi mitra? Ada tiga paket investasi yang ditawarkan. Pertama, paket senilai Rp 7,5 juta. Mitra, mitra mendapat booth, dispenser, blender, bubuk minuman 200 pieces, bubuk minuman hangat 150 pieces, aneka topping, peralatan usaha, roll up banner dan pelatihan karyawan.

Kedua, paket senilai Rp 12 juta. Dan, ketiga, paket eksklusif senilai Rp 50 juta. Fasilitas yang diperoleh oleh mitra yang mengambil dua paket terakhir sama seperti paket pertama. Perbedaan terletak pada jenis dan desain booth serta bahan baku bubuk minuman yang lebih banyak.

Kerjasama kemitraan berlangsung seumur hidup dan mitra wajib pasok bubuk minuman ke pusat. Pusat juga tidak mengutip biaya royalti dan franchise fee.

Menurut Renny, kelebihan Chocofee Cihuy terletak pada bubuk cokelat dan kopi yang berkualitas dan diracik langsung oleh pusat. “Rasa minuman premium, beda dari minuman lain,” sebutnya.

Apabila lokasi usaha  strategis, mitra bisa menjual 100-200 cup per hari. Ada berbagai varian minuman Chocofee Cihuy seperti choco coffee, choco caramel, cappucino, mocachino, choco strawberry, choco mix dan lainnya. Harga yang dibanderol mulai Rp 6.000-Rp 10.000 per cup.

Omzet yang diraup mitra capai Rp 600.000 per hari atau sekitar Rp 18 juta per bulan. Setelah dikurangi pembelian bahan baku, sewa tempat, gaji pegawai dan biaya operasional lainnya, mitra akan dapat laba bersih 80% dari omzet per bulan. Modal mitra diperkirakan bisa kembali dalam enam bulan.

Perlu kepastian pusat

Renny menyarankan mitra  memilih lokasi di mal, ruko ataupun dekat pusat belanja. Konsep booth adalah mini bar berukuran 2x3 m2 dan butuh dua karyawan untuk operasional. 

Konsultan Waralaba dari Proverb Consulting, Erwin Halim menilai tawaran kemitraan dengan beberapa pilihan cukup menarik bagi calon mitra. "Namun bagaimana pusat menjanjikan pendapatan Rp 600.000 per hari?" cetusnya.

Dia menyarankan pusat bisa memberikan proyeksi keuangan tepat dan masuk akal. Selain itu, pemilihan lokasi penting untuk mencapai target omzet yang diinginkan. "Karena kekuatan merek dengan pemasaran di lokasi strategis penting sekali," ungkapnya. Selebihnya, harus ada aturan atau SOP yang mengurus mitra tidak mencampur bahan baku minuman.   

Chocofee Cihuy                                                                                                                                                                                                                              Mutiara Gading Timur 1                                                                                                                                                                                                                     Blok A9 No. 6 Bekasi Timur                                                                                                                                                                                                                   HP. 081210911454


Reporter Jane Aprilyani
Editor Havid Vebri

USAHA IKM

Feedback   ↑ x
Close [X]