kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengecap nikmat laba resto ala Korea


Rabu, 23 Juli 2014 / 15:14 WIB
Mengecap nikmat laba resto ala Korea


Reporter: Rani Nossar | Editor: Rizki Caturini

Demam Korea membuat berbagai hal yang berhubungan dengan Negeri Gingseng itu begitu populer, termasuk bidang kuliner. Ini terlihat dari makin banyak resto Korea beroperasi di negeri ini. Salah satunya adalah restoran Kkuldak.  

Nama restoran ini diambil dari bahasa Korea yakni Kkul artinya madu, sedangkan dak sendiri berarti ayam. Resto yang berada di bawah naungan PT Hanabel Indomarga ini menjual makanan khas Korea ini sejak Desember 2013. Restoran ini fokus menjual makanan olahan dari ayam yang dijual seperti kudapan di dalam gelas yang bisa dibawa-bawa.

Sejak Juni 2014, Kkuldak membuka tawaran kemitraan waralaba. Saat ini sudah ada tiga gerai milik pusat yang beroperasi di Jakarta, yakni di Baywalk Mall Pluit, Grand Indonesia, dan Mal Kelapa Gading. Ketiga gerai tersebut milik PT Hanabel Indomarga. Lantaran masih baru hingga saat ini Kkuldak belum memiliki mitra.

Konsep restoran Kkuldak adalah mini resto dan menyajikan jajanan pinggir jalan Korea yang dikemas dalam bentuk modern. Ada empat menu yang disajikan yakni original honey chicken, spicy honey chicken, sweet and sour honey chicken, dan peanut karage honey chicken. Harga jual per porsi berkisar Rp 28.000−Rp 55.000 tergantung ukuran gelas. "Kkuldak juga menjual jenis camilan lain seperti fried chicken ball, bento set, tater set, dan tteokbokki," kata Benny Mardani, pemilik restoran Kkuldak.

Jika berminat, Benny menawarkan paket investasi Rp 800 juta. Itu sudah termasuk desain interior, peralatan masak lengkap, kursi dan meja, gelas, alat promosi, serta bahan baku awal seperti bumbu ayam madu dan ayam.

Perhatikan promosi

Biaya itu di luar sewa tempat. Minimal luas lokasi usaha 20 meter persegi (m²). "Luas ruangan bisa lebih besar tergantung besaran investasi mitra," kata dia.
Dengan asumsi pelanggan 200 orang per hari, satu gerai bisa mendapat omzet hingga Rp 7 juta per hari. Dalam sebulan, mitra bisa meraup omzet sekitar Rp 250 juta. Setelah dikurangi biaya biaya operasional, gaji pegawai, dan biaya operasional lainnya, laba bersih berkisar 30%. Dia mengutip biaya royalti sebesar 5% dari omzet saban bulan.

Benny mengklaim, Kkuldak adalah restoran pertama  yang menjual ayam madu Korea di Indonesia dengan resep bumbu ayam madu khusus. Mitra harus memesan bahan baku bumbu dan ayam dari pusat. Jika mitra berada di luar Jabodetabek, maka ayam bisa dipasok sendiri.

Burang Riyadi, Konsultan Franchise dari IFBM, menilai, tantangan bisnis resto Korea adalah menyesuaikan citarasa menu Korea dengan lidah orang Indonesia. Selain itu, bagaimana manajemen membuat bisnis ini berkesinambungan untuk jangka panjang. "Perlu diperhatikan program promosi dan branding," kata Burang.  n

PT Hanabel Indomarga          
Office 88 lantai 30 Jalan Kasablanka Raya Kav.88, Jakarta Selatan.                

Telp: 021-29681717, 0817779977

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×