kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggiling laba jasa binatu perkakas rumah


Minggu, 15 Juli 2018 / 12:05 WIB
Menggiling laba jasa binatu perkakas rumah


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Usaha laundry kian berkembang. Tak hanya melayani pakaian, tapi juga perkakas rumah seperti cuci karpet, sofa, dan springbed.  

Tak ingin kehilangan peluang, Jenferi Ginting menjajal peruntungannya dengan membuka usaha jasa laundry karpet, sofa, dan springbed dengan merek  Mazmur Laundry.

Ia membuka gerai pertamanya di Pekanbaru pada 2016 lalu. Selang setahun, Ginting pun mulai menawarkan kemitraan. Meski masih baru sudah ada empat gerai mitra, yang tersebar di Medan, Binjai, Kabupaten Karo, dan Pekanbaru.

Ada empat jasa yang ditawarkan kepada konsumen yaitu cuci karpet, sofa, dan springbed dan cuci di tempat (konsumen). Ongkosnya mulai Rp 90.000 sampai jutaan rupiah tergantung jenis dan ketebalan bahan yang dicuci.

Ginting mengklaim kelebihan jasanya adalah memberikan layanan cuci cepat sekitar tiga sampai empat hari untuk karpet dan dua sampai tiga hari untuk sofa dan springbed. Lainnya, mitra pun tidak perlu mengantar perkakasnya ke outlet karena tim yang akan mengambil dan mengantarkannya kembali.

Mazmur Laundry menawarkan tiga paket kemitraan. Pertama, paket Rp 20 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah perlengkapan cuci karpet, pelatihan, bahan kimia, branding, dan konsultasi.

Kedua, paket Rp 30 juta dengan fasilitas perlengkapan cuci karpet, sofa, dan springbed, bahan kimia, pelatihan, konsultasi dan branding. Ketiga, paket Rp 50 juta dengan fasilitas sama dengan paket sebelumnya. Pembedanya, mitra mendapatkan tambahan peralatan untuk jasa cuci ditempat (pelanggan).

Perlu dicatat, usaha ini tidak mengenakan biaya royalti dan mitra dapat mengambil bahan kimai langsung dari pemasok yang berada di Kudus, Jawa Tengah. Selain itu, mitra juga bebas memakai nama usaha. Mitra juga wajib menyediakan lokasi dengan luas minimal satu ruko dua lantai, lengkap dengan tiga orang karyawan.

Berdasarkan perhitungan Ginting, waktu balik modal mitra sekitar setahun. Asalkan mitra mampu mencapai target pendapatan minimal Rp 15 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya produksi dan operasional, porsi keuntungan bersih yang bisa dikantongi mitra sekitar 40% dari omzet.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai, potensi usaha laundry perkakas rumah tangga ini punya potensi bagus. Untuk menjaring konsumen, jasa laundry sebaiknya mengedukasi calon konsumen soal pentingnya mencuci perabot secara rutin. Konsumen Indonesia akan tertarik jika ada dorongan dan testomoni.  "Jadi pebisnis harus sering melakukan edukasi melalui komunitas," katanya.        

Mazmur Laundry
Jl Raya Pandau No. 9
Pekanbaru, Riau
HP. 082381683772

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×