kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menghitung cermat usaha kedai cwie mie


Rabu, 22 Juni 2016 / 16:21 WIB
Menghitung cermat usaha kedai cwie mie


Reporter: Teodosius Domina | Editor: Rizki Caturini

Salah satu menu favorit masyarakat Indonesia sejak dulu adalah olahan mi. Harganya yang ramah di kantong serta beragam olahannya membuat makanan satu ini digemari.  Salah satunya adalah menu olahan cwie mi.

Sejatinya menu ini menyerupai mi ayam, hanya saja daging ayamnya dicincang halus. Selain itu umumnya menggunakan acar timun campur cabai bahkan ada yang menyajikan dengan irisian cabai dengan berbagai level kepedasan.

Salah satu pengusaha yang memanfaatkan peluang ini adalah Nur Ismalia. Di bawah bendera PT Citra Rasa Katulistiwa, ia mendirikan usaha dengan merek dagang Cwie Mie Box Rasa OK di Sidoarjo, Jawa Timur lantaran Nur menyajikan menu cwi mie dalam kemasan kertas.

Dia mulai menjalankan bisnis ini sejak tahun 2012 dan dua tahun kemudian mulai menawarkan kemitraan. Saat ini, sudah ada tujuh gerai milik pusat dan tujuh gerai yang dikelola mitra usaha. Lokasi usaha mitra tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Jabotabek.

Jika tertarik untuk bergabung, Rasa OK menawarkan dua paket kemitraan. Paket pertama bernilai Rp 50 juta. Dengan nilai investasi tersebut mitra akan mendapat booth tertutup berukuran 2 m x 2 m, peralatan masak lengkap, bahan baku awal untuk 100 porsi, dan peralatan untuk menyajikan minuman bubble drink.

Untuk paket kedua, nilai investasinya sebesar Rp 25 juta. Fasilitas yang didapat hampir sama dengan paket pertama, hanya saja tidak mencakup peralatan untuk minuman bubble drink dan ukuran booth lebih kecil.

Jangka waktu kerjasama selama lima tahun. Mitra harus membeli pasokan bahan baku awal seperti bumbu-bumbu dan kemasan produk dari pusat. Untuk bahan yang harus segar seperti sayuran disediakan sendiri oleh mitra.

Biaya royalti 2%

Menu yang ditawarkan Rasa OK diantaranya rasa original, bakso, jamur, hot chicken, cwie mie hitam, dan cwie mie hijau.  Nur bilang untuk di Jakarta kisaran harganya Rp 20.000 hingga Rp 27.000 per porsi.

Keunggulan konsep usahanya menurut Nur, meskipun menu ini mengandung kuah, airnya tidak rembes. Bahkan Nur bilang penggunaan kemasan kertas menjaga kualitas rasa. "Meski sudah 12 jam rasa tidak berubah," tutur Nur.

Mitra yang mengambil paket Rp 50 juta ditargetkan mengantongi omzet Rp 25 juta per bulan. Sedangkan untuk paket Rp 25 juta, target omzet per bulan Rp 12 juta. Jika target tersebut tercapai pusat baru akan mengutip biaya royalti 2% per bulan.

Setelah dikurangi biaya-biaya operasional seperti gaji karyawan, sewa tempat usaha dan pembelian bahan baku, diproyeksikan laba bersih berkisar 40%. Dari situ, balik modal bisa tercapai dalam waktu 10 bulan-12 bulan. Nur menyatakan, lokasi usaha diutamakan berada di daerah ramai seperti pertokoan atau perumahan padat penduduk.  

Ketua Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit berpendapat kemitraan usaha mi masih menjanjikan peluang yang besar. Hanya saja, karena pelaku usaha dalam bisnis ini sudah sangat banyak, ia mewanti-wanti agar calon mitra memperhatikan lokasi usaha.

Selain itu, mitra juga harus menjaga kualitas rasa menu. Sebab produk yang disajikan masing-masing mitra bisa berlainan meski mengambil dalam satu kemitraan yang sama.              

PT Citra Rasa Katulistiwa         Jl Musi BL 31 Wisma
Tropodo, Waru, Sidoarjo     
HP:  081230979877

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×