kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menghitung laba dari pangkas rambut pria


Kamis, 10 Maret 2016 / 19:05 WIB
Menghitung laba dari pangkas rambut pria


Reporter: Teodosius Domina | Editor: Rizki Caturini

Saat ini, dunia mode dan style bukan hanya milik wanita saja. Banyak pria juga mulai memperhatikan penampilan mereka dengan serius. Salah satu hal terpenting menyangkut penampilan adalah gaya rambut.

Nirwan Aprido melihat peluang ini dengan mendirikan usaha pangkas rambut. Ia merintis usaha pada 2014 dengan brand Seriouscut R&D Barbershop. Karena melihat besarnya pangsa pasar, ia mulai mengembangkan bisnis ini dengan menawarkan kemitraan sejak awal tahun 2015. Saat ini, Seriouscut memiliki empat gerai di Solo dan Bandung.

Tak hanya soal rambut, Seriouscut juga memberikan jasa binatu sepatu. "Sepatu merupakan hal pokok dalam fesyen, namun orang sering lupa merawatnya," ujarnya.
Ia mengatakan, bisnis ini tidak memiliki banyak kendala karena pangkas rambut bisa dibilang salah satu kebutuhan pokok pria. Dalam waktu tiga minggu sekali biasanya pria sudah harus merapikan rambutnya.

Nirwan menawarkan tiga paket kemitraan, yaitu standar, eksekutif, dan royal. Paket standar dihargai Rp 36 juta. Mitra mendapat 2 kursi potong, 1 kursi keramas, alat cukur lengkap, desain interior dan eksterior, seragam, furnitur, peralatan massage, dan pelatihan.

Pada paket ini, mitra disiapkan mengerjakan pangkas rambut, keramas dan hair tattoo. Bila ingin menambah usaha binatu sepatu, mitra harus menyediakan dana tambahan sebesar Rp 5 juta.

Paket eksekutif nilai investasinya Rp 85 juta. Fasilitasnya 3 kursi, 3 wastafel keramas, alat cukur lengkap, desain interior dan eksterior, furnitur, peralatan massage, peralatan binatu sepatu, dan pelatihan.

Sedangkan paket royal nilai investasinya Rp 155 juta. "Fasilitas paket ini hampir sama dengan paket eksekutif, hanya kualitasnya lebih bagus," terang Nirwan.
Tarif layanan Seriouscut bervariasi dengan kisaran mulai Rp 20.000-Rp 55.000. Sedangkan tarif binatu sepatu berkisar antara
Rp 70.000-Rp 100.000.

Omzet Rp 33 juta

Mitra ditargetkan bisa menerima 600 pelanggan per bulan. Dari situ, omzet yang bisa dikantongi mencapai Rp 33 juta per bulan. Jika target itu terpenuhi, balik modal dicapai sekitar setahun. Balik modal itu sudah memperhitungkan bagi hasil sebesar 15% dari total omzet bulanan.

Pengamat waralaba Levita Supit mengakui bahwa peluang bisnis pangkas rambut pria masih menjanjikan. Sebab, pria cenderung lebih sering memangkas rambut dibanding wanita. Namun saat ini gerai pangkas rambut sudah menjamur.

Selain itu, bisnis ini merupakan bisnis jasa. Karakter bisnis jasa, pelanggan akan melakukan repeat order bila hasilnya memuaskan. Maka itu, ujung tombak usaha pangkas rambut adalah tukang potongnya. Kualitas tukang pangkas ini harus selalu di-update. Bukan hanya soal keterampilan memangkas, tetapi juga keramahan, kerapian, dan lain-lain.               n

Seriouscut
Jalan Sukapura, STT Telkom Dayeuh Kolot, Bandung        HP: 082126265697

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×