kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengiris cuan dari gerai steik dan bento


Kamis, 03 Desember 2015 / 14:55 WIB
Mengiris cuan dari gerai steik dan bento


Reporter: Merlina M. Barbara | Editor: Tri Adi

Bento Steak.Co asal Depok, Jawa Barat menawarkan kemitraan usaha gerai steik dan bento seharga Rp 300 juta. Mitra dapat lisensi merek selama lima tahun, kitchen set, peralatan usaha hingga pelatihan. Jika target omzet tercapai, mitra bisa balik modal sekitar 1,5 tahun.

Makanan ala western sudah lama hadir di Indonesia. Sebut saja yang sudah begitu populer seperti steik. Pangsa pasarnya luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Itu sebabnya tetap saja ada merek-merek steik baru bermunculan di tanah air, baik dari luar negeri yang berekspansi ke Indonesia maupun merek-merek lokal

Salah satu merek steik lokal yang ikut mencecap gurihnya bisnis kuliner di tanah air adalah Bento Steak.Co. Usaha yang berada di bawah bendera PT Bestco Berkah Indonesia ini sebenarnya telah berdiri sejak akhir 2010 silam. Namun, untuk mengembangkan usaha, sejak akhir 2014, Bento Steak.Co mulai menawarkan kemitraan.

Saat ini sudah ada satu mitra yang bergabung dan membuka gerai di Mal Kalibata, Jakarta. Sementara gerai milik pusat ada lima yang tersebar di Depok, Jawa Barat.

Setiawan, Direktur Operasional Bento Steak.Co mengatakan, bagi mitra usaha yang ingin bergabung, pihaknya menawarkan paket investasi senilai Rp 300 juta. Mitra akan mendapatkan lisensi merek selama lima tahun, peralatan operasional, kitchen set, pelatihan dan seragam karyawan. Investasi ini tidak termasuk investasi tempat. Bento Steak.Co mengutip biaya royalti 3% dari omzet per bulan.

Gerai ini menawarkan steik hotplate dan juga aneka menu bento, di antaranya chicken steak, beef steak, chicken double, sirloin steak, tenderloin steak, bento mi beef steak, chicken teriyaki rice, spaghetti dan lain-lain. Ada pula aneka minuman seperti milkshakes dan latte sebagai pelengkap.


Harus punya keunikan
Menu makanan Bento Steak.Co dijual mulai Rp 20.000 hingga Rp 85.000 per porsi. Setiawan menjelaskan, estimasi omzet yang dapat diraup mitra mencapai Rp 171 juta per bulan.  "Dengan catatan, mitra bisa mengantongi omzet harian sekitar Rp 3 juta di hari kerja dan Rp 12 juta di akhir pekan," kata dia.

Setelah dikurangi biaya sewa tempat, gaji pegawai, bahan baku dan biaya operasional lainnya, mitra usaha bisa meraup laba bersih sekitar 20%. Dengan begitu, mitra diperkirakan balik modal sekitar 18 bulan.

Tempat usaha yang dibutuhkan sekitar 80 m² dengan delapan pegawai. Setiawan mengklaim, keunggulan Bento Steak.Co terletak pada standardisasi saus yang lebih gurih dan citarasa steik yang nikmat namun dengan harga jual yang tetap ramah di kantong.

Pietra Sarosa, Konsultan Waralaba dari Sarosa Consulting Group menilai, bisnis steik ini harus mempunyai keunikan produk maupun konsep bisnis agar bisa bersaing. Sementara itu, pengusaha steik harus cermat mengelola pengeluaran lantaran harga bahan baku daging terus berfluktuasi. Untuk itu, calon mitra harus mencermati laporan keuangan pusat.    


Bento Steak.Co
Rangkapan Jaya, Pancoran MAS, Depok, Jawa Barat
HP: 087889855720/08161635202

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×