kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,70   -13,79   -1.49%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengkilap laba cuci dan perawatan mobil


Rabu, 16 Maret 2016 / 17:36 WIB
Mengkilap laba cuci dan perawatan mobil


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Rizki Caturini

jumlah pengguna kendaraan yang terus meningkat di tanah air membuka potensi jasa cuci dan service mobil. Salah satunya ditawarkan oleh Start Sonic Premium Auto Service. Usaha ini berdiri sejak tahun 2015 di bawah naungan PT Aristoteli. Ini merupakan lini bisnis lanjutan dari usaha High Definition Car Care milik PT Aristoteli. Jasa yang ditawarkan yaitu premium car wash, premium auto dealing, premium car service dan premium car tunning. Jadi gerai ini menawarkan mulai dari cuci mobil, ganti busi, ganti aki, perawatan atau salon, cat mobil, hingga membersihkan kerak jamur di mesin mobil.

Yaska Wu, Direktur Operasional sekaligus pemilik Start Sonic Premium Auto Service mengatakan, usaha ini mulai menawarkan kemitraan sejak September 2015 untuk mengembangkan usaha. Kini, Start Sonic Premium Auto Service memiliki lima mitra di Alam Sutera, Kalibata, Green Pramuka, Pluit dan Pantai Indah Kapuk dan satu training centre di Kedoya, Jakarta Barat.

Dalam waktu dekat akan ada empat mitra hingga lima mitra yang membuka gerai. Paket investasi yang ditawarkan senilai Rp 75 juta. Mitra akan mendapatkan desain tempat, peralatan dan perlengkapan usaha, dukungan pemilihan dan survei lokasi, pegawai sebanyak empat orang, promosi serta pelatihan karyawan. “Investor tinggal pilih lokasi,” ujar Yaska kepada KONTAN.

Kerjasama berlangsung selama satu tahun. Yaska bilang, apabila ingin melanjutkan kerjasama, mitra cukup membayar biaya royalti Rp 5 juta per tahun. Selain itu, mitra harus  tetap menggunakan logo dan peralatan dari pusat dengan standar SOP sesuai aturan pusat.

Balik modal setahun

Harga jasa mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 5,5 juta. Yaska menargetkan dalam satu hari bisa melayani sekitar delapan hingga 10 mobil sehari atau sekitar 250 unit-300 unit kendaraan per bulan. Sehingga, diperkirakan mitra akan mendapat omzet Rp 31 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya bahan baku, sewa tempat, gaji pegawai, dan biaya operasional lainnya, mitra akan meraup laba bersih hingga 50%. Darisitu, target balik modal satu hingga dua tahun.

Yaska menyarankan luas tempat usaha sekitar 6 m x 5 m di daerah-daerah dengan trafik ramai. “Kelebihan kami terletak pada konsep bisnis yang dengan atau tanpa pemiliknya bisa berjalan. Semua order akan melalui sistem, dan perkembangan usaha akan masuk sistem seluruhnya. Jadi investor hanya mengontrol tanpa harus menjaga bengkel 24 jam,” ucap Yaska.

Erwin Halim, pengamat usaha dari Proverb Consulting mengatakan, bisnis ini berpeluang dan menarik untuk dijalankan. Tapi, pusat dan mitra harus mendukung satu sama lain agar bisnis bisa berkembang. Selain pemilihan lokasi penting, ketersediaan produk peralatan juga harus komplit. n

Start Sonic Premium Auto Service
Jln Panjang No. 26, Kedoya,  Jakarta Barat.  
HP: 08170999009

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×