kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengucek tawaran dari laundry Orchid


Rabu, 20 November 2013 / 17:16 WIB
ILUSTRASI. Sate Kambing super nikmat yang dibikin sendiri dari olahan daging kurban (dok/Spice Trekkers)


Reporter: Pratama Guitarra, Marantina | Editor: Havid Vebri

Sejak beberapa tahun terakhir, bisnis laundry kiloan terus menggeliat. Pasalnya, kian banyak masyarakat, terutama di perkotaan yang tak lagi sempat mencuci serta menggosok  pakaian sendiri.

Peluang ini pula yang di lirik Orchid Brand Laundry Clinique di Yogyakarta. Memulai bisnis perdana pada  tahun 2011, sang pemilik langsung menawarkan kemitraan.

Setelah dua tahun,  Orchid Brand kini memiliki 20 gerai laundry dan 26 agen yang tersebar di Yogyakarta, Jakarta, Depok, Batam, Samarinda, Malang, Tangerang dan Klaten. "Pusatnya di Yogyakarta," kata Dwiyanto Adi Nugroho, Kepala Marketing Orchid Brand.

Tarif jasa cuci di Orchid Brand bervariasi, sesuai dengan daerahnya. Untuk di daerah Sulawesi tarifnya bisa Rp 10.000 per kilogram (kg). Namun di Jakarta dan Yogyakarta, tarifnya  cukup murah Rp 3.500 per kg.

Dwi mengklaim, jasa cuci laundry Orchid menggunakan produk kimia buatan sendiri dan sudah melalui uji kelayakan. Sedangkan untuk pengharum pakaian, Orchid Brand memiliki 40 jenis pengharum. Antara lain beraroma Jelo (Jenifer Lopes), aroma Ola Ramlan, aroma dunhil, aroma kenzo, aroma snappy, dan lavender. "Saya kasih nama-nama artis agar lebih menarik," ujar dia.

Tertarik menjajal usaha ini? Orchid Brand menawarkan paket investasi mulai  Rp 21 juta. Mitra paket ini mendapatkan bahan baku chemical serta mesin cuci, alat pengering dan training komplit selama lima hari.

Kedua paket Rp 54 juta. Paket ini juga menyediakan fasilitas sama dengan yang pertama. Namun, bedanya ada di alat pengering dengan jumlah yang berbeda.

Ketiga, paket Rp 160 juta. Fasilitas paket ini lebih  lengkap dengan peralatan cuci dan bahan baku chemical 10 kilogram (kg). Bahkan disediakan juga pengering helm. "Untuk yang ini profesional, bukan laundry rumahan," tuturnya.

Balik modal 1 tahun

Kapasitas cuci laundry kiloan Orchid Brand mencapai 45-60 kg per hari. Dengan jumlah itu, menurut proyeksi Dwi, mitra bisa meraup omzet berkisar 13,5 juta - Rp 18 juta perbulan. Dengan target laba bersih 75%, mitra bisa balik modal dalam 12 - 15 bulan. "Namun untuk omzet masing-masing daerah bisa berbeda, karena harganya juga kan berbeda," ucapnya.

Orchid Brand tidak mengutip royalti. Namun, mitra wajib membeli bahan baku chemical laundry dan pengharum dari pusat. "Biasanya pembelian 10 kg perbulan, harga satu kg itu 27.000," katanya.

Konsultan waralaba, Khoerussalim Ikhsan, menilai bisnis laundry masih menjanjikan. Jasa cuci baju tidak hanya dibutuhkan masyarakat di kota besar, tetapi juga di kota-kota kecil.

Dari segi biaya investasi, Orchid Brand menawarkan kemitraan dengan biaya yang terjangkau. Namun untuk target omzet bisa lebih tinggi  dari yang ditetapkan Orchid Brand. Promo atau pemasaran gencar bisa jadi solusi.n

Orchid Brand Laundry Cleanique                                                                                                                                                                                   Jln. Palagan Tentara Pelajar,                                                                                                                                                                                          No 127 Melati, Sleman, Yogyakarta                                                                                                                                                                               HP: 085729546608
       085351330088

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×