| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.073
  • SUN98,24 0,00%
  • EMAS606.004 0,84%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Menguji keahlian marketing di Warunk Upnormal

Sabtu, 17 Februari 2018 / 11:00 WIB

Menguji keahlian marketing di Warunk Upnormal

KONTAN.CO.ID - Nama Warunk Upnormal melejit karena menyediakan menu Indomie dengan rasa dan topping kekinian. Nasi Goreng Mafia juga sempat heboh karena rasa nasi goreng rempahnya yang unik dan sangat pedas. Sedangkan Bakso Boedjangan yang datang belakangan menawarkan bakso dengan berbagai isian yang ‘tidak biasa’.

Di balik kehebohan setiap merek kuliner tersebut, ada sosok Rex Marindo, Direktur Marketing sekaligus salah satu founder Cita Rasa Prima (CRP) Group. CRP Group adalah perusahaan rintisan yang menaungi beberapa merek usaha kuliner. Debut pertama CRP Group dimulai sejak tahun 2013.

Sebelum mendirikan CRP Group, Rex dan enam pendiri lainnya tergabung dalam perusahaan konsultan marketing dan branding yang sama. Kemudian, mereka sepakat untuk menutup usaha tersebut dan banting setir berbisnis kuliner. "Selama ini kami memberikan masukan untuk bisnis orang lain. Kami berpikir, mengapa enggak kami pakai ilmunya untuk bisnis sendiri? Akhirnya kami memilih bidang bisnis kuliner karena kami hobi kuliner," ungkap Rex.

Setelah mereka bertujuh sepakat, pria asal Palembang tersebut mendirikan Nasi Goreng Rempah Mafia di Bandung, tahun 2013. Dengan modal Rp 100 juta, mereka nekat meninggalkan bisnis konsultan dan banting setir menjadi tukang nasi goreng. "Waktu itu pikiran kami sederhana. Makanan apa yang pasti orang Indonesia makan. Yang terlintas pertama kali ya nasi goreng," kata Rex.

Dalam waktu singkat, Nasi Goreng Rempah Mafia memiliki 28 cabang. Tahun 2014, CRP Group mendirikan Bakso Boedjangan dan sukses membuka 25 cabang. Setahun kemudian, mereka mendirikan Warunk Upnormal yang booming.  

Rex mengatakan, kini CRP Group telah memiliki enam merek bisnis kuliner dengan 115 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. "Gerai yang paling banyak ada di Warunk Upnormal. Sekitar 70% lah dari 115 gerai itu Upnormal. Selebihnya ya punya lima merek lainnya," ujarnya. Sejumlah merek juga masih mereka pegang sendiri alias tidak pakai sistem kemitraan.                  


Reporter: Elisabeth Adventa
Editor: Johana K.

PROFIL PENGUSAHA

Komentar
TERBARU

KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0009 || diagnostic_api_kanan = 0.0475 || diagnostic_web = 0.2397

Close [X]
×