kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengulur laba dari kudapan kentang ulir


Rabu, 18 Maret 2015 / 15:31 WIB
Mengulur laba dari kudapan kentang ulir
ILUSTRASI. Manfaat kacang panjang untuk kesehatan.


Reporter: Rani Nossar | Editor: Rizki Caturini

Potensi bisnis kudapan di Indonesia masih terbuka lebar. Terang saja, peminat camilan seperti kentang goreng dan camilan olahan daging seperti sosis dan nugget di negeri ini datang dari berbagai kalangan usia. Harga jualnya yang relatif murah pun membuat camilan olahan seperti ini kerap diserbu pembeli.

Itulah yang membuat Yudiawati Setiawan memutuskan untuk mendirikan usaha Twisto Potato. Gerai ini menawarkan jajanan kentang goreng ulir yang diberi varian bumbu serta topping mayonaise. Salah satu inovasi menunya seperti sosis bakar tusuk yang dibalut dengan kentang ulir. Yudiawati membuka gerai pertamanya di Tangerang pada Desember 2013 lalu.

Agar gerainya cepat bertambah, Yudi mulai menawarkan kemitraan usaha sejak Agustus 2014. Meski belum ada mitra yang bergabung, namun saat ini Twisto Potato sudah memiliki tiga gerai milik pusat yang berada di Puri Mall Jakarta, Living World Tangerang, dan Tangcity Tangerang.

Jika Anda berminat, Yudiawati menawarkan kerjasama usaha dengan nilai investasi Rp 110 juta. Mitra akan mendapatkan hak penggunaan merek selama lima tahun, satu set booth, perlengkapan memasak dan peralatan usaha, seragam dan pelatihan karyawan, serta bahan baku awal senilai Rp 5 juta. "Jika ingin memperpanjang kerjasama, mitra hanya tinggal membayar biaya kerjasama sebesar Rp 30 juta," kata dia.

Pasar anak muda

Harga jual menu mulai dari Rp 23.000−Rp 35.000 per porsi. Targetnya dengan penjualan rata-rata 100 porsi per hari, mitra bisa meraup omzet sekitar Rp 80 juta per bulan. Laba bersih bisa sampai 35% sebab bahan baku tidak memerlukan banyak modal. Pusat akan mengutip biaya royalti 5% dari omzet per bulan. Bahan baku yang dipasok dari pusat adalah kentang, bumbu, dan kardus kemasan.

Twisto Potato memang menyasar pasar anak muda, sebab kudapan ini praktis dibawa ke mana-mana dan cukup mengenyangkan. Menu yang tersedia di antaranya Twisto Chick, yakni kentang spiral dengan ayam nugget dan Twisto Dog, kentang spiral dengan sosis sapi. Ada beberapa pilihan rasa seperti original, cheese, BBQ, chili balado, pizza, dan grilled beef.  Luas tempat usaha minimal 6 m² dengan dua orang karyawan. Hingga akhir 2015, Yudiawati menargetkan akan membuka lima gerai anyar.

Anang Sukandar, Pengamat Waralaba dari Asosiasi Franchise Indonesia menyampaikan, tawaran investasi usaha camilan ini terlampau mahal. Usaha seperti ini bisa ditawarkan di bawah harga Rp 100 juta. Agar target pasarnya bisa lebih luas, ada baiknya menu yang ditawarkan variasi kentang olahan lain yang juga bisa dinikmati orang tua. Menu seperti ini juga berpeluang besar ditiru, sehingga harus siap dengan persaingan usaha yang bakal makin tinggi.            n

Twisto Potato           
Jl. Jenderal Sudirman No. 1,
Kec. Tangerang, Tangerang Telp. 0878-785-24004

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×