kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menimbang tawaran resto menu lokal


Jumat, 20 November 2015 / 16:14 WIB
Menimbang tawaran resto menu lokal


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Tri Adi

Tawaran usaha resto datang dari Krakatoa Kitchen asal Kudus, Jawa Tengah. Ada tiga paket investasi senilai Rp 10 juta, Rp 20 juta dan Rp 75 juta. Mitra akan dapat peralatan usaha, bahan baku awal hingga pelatihan. Target balik modal mitra sekitar setahun.

Bisnis makanan memiliki potensi pasar yang besar. Ini membuat sektor usaha ini banyak diburu pelaku usaha. Salah satu pelaku usaha yang mengembangkan bisnis di bidang ini adalah Yeyi Kusasih asal Kudus, Jawa Tengah. Dia mengusung usaha kuliner Indonesia dengan merek usaha Krakatoa Kitchen sejak 2014.

Setelah mantap menjalankan usaha, di  2015 Yeyi menawarkan kemitraan usaha. Dalam waktu dekat akan ada mitra dari Jombang, Yogyakarta, Jakarta, dan Manado.

Ada tiga paket investasi dapat dipilih. Pertama, investasi Rp 10 juta atau paket gerobak ubrand. Mitra mendapat merek, gerobak, bahan baku bumbu awal dan dukungan inovasi menu baru, SOP, perlengkapan usaha, pelatihan karyawan dan perlengkapan promosi.

Kedua, paket senilai Rp 20 juta atau resto unbrand. Mitra mendapat resep, bahan baku bumbu awal dan inovasi menu makanan dan minuman baru, perlengkapan usaha, pelatihan karyawan, marketing kit, brosur, dan kartu nama. Ketiga, paket senilai Rp 75 juta atau Resto Krakatoa Kitchen. Mitra berhak menggunakan merek, bahan baku bumbu awal, resep dan inovasi makanan dan minuman baru, pelatihan karyawan, 3D wallpaper, arena mandi bola ukuran 2 meter x 3 meter, dan perlengkapan promosi. Kerjasama berlangsung tiga tahun, setelah itu dapat diperpanjang dengan syarat tetap membeli bumbu masakan dari pusat. Mitra tidak dikenakan biaya royalti.

Balik modal setahun

Krakatoa Kitchen menawarkan menu makanan seperti aneka nasi goreng, mi rebus, mi goreng, dan nasi siram dengan berbagai tingkat kepedasan. Pelanggan bisa memilih tingkat pedas makanan mulai dari level awas, level siaga 1 hingga 4, dan level waspada. Krakatoa juga menyajikan minuman seperti hot tea tarik, milk tea, green tea, cappucino, kopi walik, dan lainnya.

Harga menu makanan mulai Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per porsi. Yeyi menargetkan konsumen yang datang 50 orang per hari dengan masing-masing menghabiskan biaya Rp 25.000. Sehingga omzet yang didapat untuk paket resto mencapai Rp 40 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya pembelian bahan baku, sewa tempat, dan gaji pegawai, mitra bisa mendapat laba bersih sekitar 40% . “Dari situ, mitra akan balik modal sekitar 10 bulan−14 bulan,” ucap Yeyi.

Tempat usaha minimal 100 m² untuk paket resto dengan lima pegawai. Yeyi mengklaim, kelebihan Krakatoa Kitchen adalah menu yang variatif dan selalu mengikuti perkembangan namun tetap dengan harga terjangkau.

Menurut Pengamat Waralaba Pietra Sarosa, kerjasama kemitraan ini harus ada dukungan manajemen. Sementara dengan tidak adanya biaya royalti, akan sulit pusat mendapatkan dana untuk memenuhi dukungan ke mitra. "Dukungan manajemen penting agar kualitas dan kerjasama mitra berlangsung lama," ucap Pietra.           


Krakatoa Kitchen          
Jl. Veteran 3a Demaan Utara, Kudus, Jawa Tengah
HP: 082110005451

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×