: WIB    —   
indikator  I  

Meniup gelembung bisnis balon kejutan

Meniup gelembung bisnis balon kejutan

KONTAN.CO.ID - Kini, balon tak hanya berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Balon kekinian yang dikemas dalam kotak menjadi gaya baru untuk merayakan pesta kejutan bagi orang terdekat. Itulah yang membedakan balon boks dengan jenis balon lainnya, seperti balon huruf dan angka yang hanya bisa dibuat dekorasi.

Rupanya tren ini mencuri perhatian banyak kalangan anak muda dan remaja. Tentu momen ini tak dilewatkan begitu saja oleh sejumlah orang, dengan berbisnis ballon surprise box.

Salah satunya Devina Fransisca, pemilik Clevaux Ballon. Ia membuka usaha ballon surprise box ini sejak tiga bulan lalu karena melihat antusiasme dan perkembangan tren pasar. Ballon surprise box ini berisi bubble balon kecil-kecil.

Ia menjual aneka kotak balon yang dapat diukir nama, sekaligus berbagai ucapan mulai dari Rp 550.000 per kotak hingga jutaan rupiah, tergantung permintaan dari konsumen. "Ballon box ini bisa tahan sampai satu minggu bila konsumen menyimpannya," kata Devina.

Patokan harga yang mahal ini lantaran dia sangat  mementingkan kualitas balon. Sejauh ini, balon-balon yang Devina rangkai di dalam kota masih harus didatangkan dari luar negeri.

Devina mengaku, setiap hari Clevaux Ballon dibanjiri pesanan. Konsumennya kebanyakan datang dari kalangan menengah hingga  artis-artis juga sudah mempercayai Clevaux Ballon. Balon ni seringkali dipakai untuk memberi ucapan ulang tahun, kelulusan, pertunangan dan momen penting lainya.

Pesanan dapat disesuaikan oleh keinginan konsumen. Mereka juga bisa memesan model dan jumlah balon dalam kotak. Dalam sebulan, Devina bisa meraup omzet hingga belasan juta.

Ia mengatakan, best seller model ballon box kreasi Clevaux Ballon adalah Cerf-Volant. Model tersebut berisikan balon besar yang tulisan sesuai permintaan konsumen dan balon-balon kecil. Ketika kotak dibuka,  balon tersebut akan beterbangan setinggi tali yang mengikatnya. "Yang lagi best seller banget sekarang ini Cerf-volant, ya," tandasnya.

Kebanjiran pesanan ballon box dari berbagai kalangan menengah hingga artis juga dialami oleh Lenny, pemilik Go Ballon Id. Lewat akun Instagram, ia memasarkan ballon box sejak empat bulan lalu. "Karena kayaknya lagi tren dan banyak peminatnya. Jadi saya coba lah untuk jual ini, ternyata banyak yang cari," tuturnya.

Ballon box milik Go Ballon Id dibanderol mulai Rp 350.000-Rp 750.000 per kotak, tergantung model dan permintaan konsumen. Semakin banyak permintaan model dan jenis balonnya, maka harganya pun bisa semakin mahal.

Lenny mengaku setiap hari bisa menerima pesanan dua sampai tiga kotak. Omzet yang dikantonginya bisa mencapai belasan juta dalam sebulan hanya dari penjualan balon. "Hitungannya lumayan untuk bisnis yang baru jalan beberapa bulan," katanya.   


Reporter Elisabeth Adventa, Venny Suryanto
Editor Johana K.

PELUANG BISNIS

Feedback   ↑ x
Close [X]