kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjaga fulus tempat penitipan anak


Kamis, 01 Februari 2018 / 10:30 WIB
Menjaga fulus tempat penitipan anak


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID -  Setiap orangtua selalu ingin memberi pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Mulai dari balita, mereka ingin sang anak mendapat pengaruh positif bagi perkembangannya kelak.    

Kini, daycare pun banyak menjadi pilihan bagi orangtua untuk menitipkan buah hatinya saat bekerja. Peluang daycare yang cukup menjanjikan ini digarap oleh Indra Darmawan dengan membuka Arena Belajar Kids di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 1999.  Tak hanya daycare, Arena Belajar Kids sekaligus menyelenggarakan playgroup dan taman kanak-kanak.  

Pada 2011, Indra mulai menawarkan kemitraan. Ia cukup selektif memilih mitra. Hingga kini, ada 10 mitra yang bergabung di Jawa, Sumatra dan Sulawesi. "Bisnis pendidikan itu tak bisa hanya sekedar mengejar profit dalam jangka waktu singkat, menjalankan usaha ini seperti berkebun," jelasnya.

Seperti daycare lainnya, Arena Belajar Kids juga menyiapkan konsumen, ruang tidur, pengasuh dan guru yang terampil dan telaten. Indra juga menggabungkan kurikulumnya dengan kurikulum departemen pendidikan.  

Arena Belajar Kids mematok harga Rp 550.000 hingga Rp 1,6 juta per bulan. Usia anak yang dapat menggunakan jasa ini mulai dari 1,8 tahun sampai tiga tahun.

Ada lima paket kemtiraan yang Indra tawarkan. Pertama, paket Playgroup dengan investasi Rp 50 juta. Kedua, paket Taman kanak-kanak (TK) dengan modal Rp 50 juta. Ketiga, paket tempat penitipan anak senilai Rp 50 juta. Keempat paket Playgroup dan TK Rp 90 juta. Dan, kelima, paket Playgroup, TK, dan TPA senilai Rp 120 juta.

Fasilitas yang didapatkan seluruh paketnya adalah peralatan mengajar lengkap, kurikulum, sistem, branding, pelatihan, perekrutan karyawan dan tambahan lainnya. Sebagai catatan, untuk paket kelima calon mitra wajib menyiapkan lokasi setara rumah tipe 36-45 plus tiga pengajar.

Perkiraan balik modal dalam setahun. Asal, dalam sebulan mitra bisa mengumpulkan pendapatan sekitar Rp 30 juta-Rp 40 juta.  

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai potensi usaha day care sangat bagus. Namun, untuk beberapa kota dengan tingkat kesibukan rendah dibutuhkan edukasi lebih banyak kepada masyarakat.

Kendala yang banyak didapati disektor ini adalah tenaga kerja dengan standar yang sama. Begitu juga soal  training, kurikulum, dan pengajaran. Sehingga, dibutuhkan pelatihan agar tercipta standar yang sama untuk seluruh  pengajar.

Dia mengingatkan kunci keberhasilan usaha ini adalah dapat dipercaya oleh orangtua. "Bisnis ini tidak akan berjalan bila tidak mempunyai pengajar yang bagus," katanya pada KONTAN, Kamis (18/1).                      

Arena Belajar Kids  
Jl Jend. Sudirman, Pasar Permai Blok F2 No. 10, Damai, Balikpapan
HP. 0812546000974

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×