kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjajal tawaran bento rakyat Indonesia


Minggu, 08 Juli 2018 / 09:05 WIB
Menjajal tawaran bento rakyat Indonesia


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Kuliner asal Negeri Sakura masih punya daya tarik. Seperti bento yang masih disukai lidah orang lokal. 

Faktor inilah yang membuat pebisnis kuliner bento terus ada dan membuka tawaran kemitraan. Seperti Katana Bento asal Bogor yang sudah menawarkan kemitraan sejak Juli 2016.

Menurut Arief, Co Founder Katana Bento, usaha ini awalnya ada di kantin SMP I Bogor dan mulai berkembang hingga saat ini sudah ada 9 gerai yang tersebar di  Bogor, Jakarta, Bekasi, Depok, Surabaya dan Pekanbaru. "Satu gerai milik pusat di Bogor, dan selebihnya milik mitra," kata Arief kepada KONTAN, Kamis (28/6). 

Ada dua paket investasi yang ditawarkan yakni paket booth Rp 27,5 juta dan paket mini resto Rp 156 juta. Dengan modal tersebut, mitra mendapat ragam fasilitas. Adapun kerjasama itu akan berlangsung 5 tahun dan bisa diperpanjang 5 tahun lagi dengan biaya Rp 5 juta. 

Ada ragam menu yang tersaji di bento dengan tagline Bentonya Rakyat Indonesia itu dengan harga Rp 18.000 - Rp 24.000 per porsi. Ia proyeksi Katana Bento ala booth bisa mengantongi omzet Rp 15 juta per bulan. Sedangkan mini resto, sekitar Rp 1 juta-Rp 1,5 juta per hari atau sekitar Rp 30 juta-Rp 45 juta per bulan. 

Di  paket booth, tidak ada sistem pembagian hasil dari laba bersih. Tapi untuk tipe mini restoran ada pembagian  hasil dari laba bersih yakni 70% untuk mitra dan 30% untuk pusat. Setelah mitra balik modal, komposisi  menjadi 50:50. 

Dengan sistem dan perkiraan  omzet tersebut, mitra mini resto diperkirakan bisa mencapai balik modal 30 bulan. Sedangkan mitra booth, sekitar 16 bulan. 

Ke depan, Arief menargetkan bisa menambah 12 gerai lagi di akhir tahun ini. Rinciannya, 10 gerai booth dan dua gerai resto.

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit mengingatkan para calon mitra  persaingan bisnis kuliner bento sudah makin ketat. Untuk itu, menjadi tugas pihak pusat untuk mendongkrak omzet dari usahanya itu.

Kalau bisa menciptakan ciri khas yang tidak ada di gerai bento lainnya, terutama yang ada di pusat belanja seperti Hoka Hoka Bento.   

Katana Bento
Mulia Residence Blok B1 No 10 Bogor
HP. 0898-7477-170

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×