kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyeduh tawaran usaha teh sangit asal Semarang


Rabu, 22 Juni 2016 / 19:20 WIB
Menyeduh tawaran usaha teh sangit asal Semarang


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Rizki Caturini

Bisnis minuman makin hari kian berkembang, mulai dari racikan kopi, susu, aneka buah dan juga teh. Tidak hanya itu, varian rasanya pun semakin beragam seiring maraknya inovasi para pelaku usaha. Salah satunya dilakukan oleh Daud Rahmanto di Semarang. Mendirikan usaha minuman teh dengan merek Teh Gosong pada 27 Juli 2015, Daud mantap menawarkan kemitraan di tahun ini. Teh Gosong menyediakan berbagai varian minuman seperti teh original, teh jahe, teh mint, teh sereh, kopi, jahe susu, dan lemon.

Kini sudah ada 32 gerai yang berdiri, diantaranya 30 gerai mitra di Yogyakarta, Banyuwangi, Jember, Bali, dan sisanya milik pusat di Solo dan Semarang.
Ada tiga paket investasi yang disediakan. Pertama, paket ekonomis senilai Rp 3,5 juta. Mitra akan mendapat booth, perlengkapan usaha komplit, gelas 300 unit, bahan baku  awal dan pelatihan karyawan. Kedua, paket standar senilai Rp 5,5 juta. Mitra akan mendapat booth, perlengkapan usaha komplet, gelas 500 unit, bahan baku lebih banyak dan pelatihan karyawan.

Ketiga, paket investasi senilai Rp 7,5 juta. Mitra akan mendapatkan booth, perlengkapan komplit, gelas 1.000 unit, bahan baku teh lebih banyak. Kerjasama kemitraan selama setahun. Mitra tidak dikenakan biaya royalti namun diwajibkan membeli bahan baku teh gosong curah dan gelas ke pusat.

Menurut Daud, kelebihan dari teh gosong terletak pada rasa unik yang menyerupai kopi karena cara pengolahannya yang berbeda dari teh lain. Teh gosong punya ciri khas karena nama gosong atau dalam istilah jawa "sangit" yaitu teh murni namun memiliki ciri khas rasa yang unik meskipun tanpa bahan campuran lainnya. "Prosesnya sangat unik, digoreng dengan kayu bakar, masih sangat tradisional," kata Daud.

Harga jual produk seharga Rp 3.000 per gelas. Daud menargetkan mitra menjual 75-100 gelas per hari. Sehingga per hari diperkirakan mitra meraup omzet
Rp 300.000 atau Rp 9 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya bahan baku, sewa tempat, gaji pegawai dan biaya operasional, mitra akan mendapat laba bersih 50% per bulan. Dari situ balik modalnya tiga bulan.         

Teh Gosong
Semarang, Jawa Tengah.
HP: 0821 37809107

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×