kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyisir laba gerai potong rambut


Senin, 25 April 2016 / 17:05 WIB
Menyisir laba gerai potong rambut


Reporter: Teodosius Domina | Editor: Rizki Caturini

memiliki gaya rambut yang menarik dengan model terkini merupakan hal yang kini diperhatikan tidak hanya kaum hawa tapi juga kaum adam. Sebab, ini bisa menjadi alasan kepercayaan diri akan semakin bertambah. Itu sebabnya gerai salon pangkas rambut makin menjamur belakangan ini.

Peluang ini juga dimanfaatkan oleh Grup Kino. Perusahaan yang dikenal sebagai produsen makanan dan personal care ini mengembangkan jasa pangkas rambut pada Februari 2015 lewat brand Ixobox. Jasa utamanya adalah pangkas rambut model terkini. Tidak hanya pria, gerai ini juga menyasar konsumen wanita dan anak-anak.

Saat ini Ixobox memiliki 10 gerai, 7 di antaranya milik pusat yang tersebar di sejumlah lokasi, seperti Mal Ambassador, Plaza Semanggi, Rukan Citiwalk, Stasiun KA Juanda, Gajah Mada Plaza, 7Eleven Bendungan Hilir, CBD Bintaro, dan Supermal Karawaci.

Danny Anthonius, Managing Partner PT Ixobox Multitren Asia mengklaim, bisnis pangkas rambut ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya penggunaan alat-alat yang modern, yaitu kiosk machine, sistem pembayaran lewat mesin yang bisa mengurangi antrean. Ixobox juga memiliki sterilizer dan kotak yang digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan pangkas rambut juga menjaga peralatan cukur tetap higienis.

Ada juga alat penyedot, yakni Ixoair yang bisa menghisap sisa-sisa potongan rambut sehingga pelanggan tidak perlu lagi membilas kepala. "Masing-masing pelanggan menggunakan sisir baru yang bisa dibawa pulang," tutur Danny

Jika ingin menjadi mitra Ixobox, ada tiga paket yang ditawarkan. Pertama paket KiosK sebesar Rp 350 juta. Luas ruangan yang dibutuhkan sekitar 15 m²−23 m². Kedua paket Outlet senilai Rp 375 juta dengan luas ruangan 24 m²−35 m². Ketiga, paket Shophuse senilai Rp 400 juta dengan lokasi usaha lebih dari 35 m². Perbedaannya, terletak dari fasilitas alat yang didapat mitra.  

Cermati lokasi usaha

Nilai investasi belum termasuk biaya sewa tempat. Namun operasional disediakan dan dikelola oleh pusat, meliputi mesin Kiosk, Environmental Box, dan perlengkapan penunjang, hairstylist, serta promosi. Sistem bisnisnya bagi hasil, 60% pendapatan untuk mitra, setelah dipotong franchise fee 6%. Mitra juga bisa memantau operasional.

Biaya jasa sekitar Rp 50.000. Danny menargetkan satu gerai bisa menggaet sekitar 33 konsumen per hari. Dengan demikian omzet sekitar Rp 50 juta per bulan. Dengan target itu, prediksi balik modal kurang dari dua tahun.

Menurut Konsultan Waralaba dari College Entrepreneur Khoerussalim Ikhsan, nilai investasi awal cukup besar. Namun bagi hasil 60% termasuk menguntungkan mitra, jika operasional dijalankan pusat. Meski ia mewanti-wanti calon mitra memilih lokasi usaha yang ramai pengunjung kelas ekonomi menengah ke atas atar target omzet bisa tercapai.                        

Ixobox           
Rukan Citywalk Blok J/121
Cluster Malibu-Cengkareng Timur, Jakarta Barat.
Telp: (021) 29020481

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×