kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meraup laba dari jasa bersih-bersih


Rabu, 28 Oktober 2015 / 14:44 WIB
Meraup laba dari jasa bersih-bersih


Reporter: Merlina M. Barbara, Rizki Caturini | Editor: Tri Adi

Total Clean asal Madiun menawarkan kemitraan usaha jasa kebersihan, mulai dari binatu pakaian, dry cleaning, hingga salon kamar mandi. Paket investasinya dari Rp 15 juta hingga Rp 75 juta. Untuk paket komplet, mitra diprediksi bisa balik modal hingga dua tahun.

Bisnis jasa kebersihan kini makin berkembang. Banyak hunian seperti tempat tinggal, apartemen atau perkantoran dan hotel membutuhkan jasa profesional di bidang ini untuk membersihkan ruangan maupun peralatan mebel. Itu sebabnya, kini banyak bermuncukan jasa bersih-bersih yang menawarkan solusi untuk berbagai kebutuhan pembersihan.

Adalah Anang Pribadi yang menjadi salah satu pengusaha yang menyadari akan besarnya prospek bisnis ini dengan mendirikan usaha jasa kebersihan Total Clean sejak tahun 2008. Agar usahanya kian berkembang, Anang memutuskan menawarkan kemitraan usaha di tahun 2012. Saat ini sudah ada delapan mitra yang tersebar di Madiun, Ponorogo, Ngawi, Lamongan, Sragen, Solo, Semarang, dan Jakarta.

Cakupan jasa kebersihan yang dia tawarkan mulai dari binatu, dry cleaning, membersihkan sofa, karpet hingga membersihkan noda di kamar mandi yang membandel. Ada tiga paket investasi yang dia tawarkan. Pertama, paket ekonomi senilai Rp 15 juta. Mitra akan mendapat satu mesin cuci dan satu pengering, peralatan usaha lain, seperti setrika uap, meja kasir standar, pelatihan karyawan, dan SOP. Pada paket ini mitra hanya berhak menjalankan usaha binatu kiloan.

Kedua, paket senilai Rp 35 juta. Mitra akan mendapat jumlah peralatan yang lebih banyak dan mesin tambahan lainnya. Sebab, pada paket ini, mitra menawarkan jasa binatu yang lebih profesional dan juga dry cleaning.

Bahan baku dari pusat

Sementara paket ketiga senilai Rp 75 juta hingga Rp 100 juta. Mitra akan mendapatkan peralatan yang lebih banyak dan lebih lengkap seperti mesin pengering berkapasitas besar, peralatan kasir lengkap hingga software untuk kasir. Mitra pada paket ini menjalankan jasa yang juga komplit mulai dari laundry, pembersihan kamar mandi hingga melayani pembersihan karpet hotel.

Harga jasa beragam, tergantung luas ruangan dan jasa yang dipilih. Misalnya untuk salon kamar mandi dikenakan biaya Rp 450.000 hingga Rp 550.000 untuk kamar mandi seluas 6 m². Sementara untuk jasa home cleaning service, dikenakan tarif Rp 100.000 per dua jam. Untuk binatu, harganya dibanderol sebesar Rp 5.000 per kg. Tidak ada biaya royalti, namun mitra harus membeli bahan baku utama seperti bahan kimia ke pusat.

Anang menjelaskan, target omzet mitra bisa mencapai Rp 15 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya gaji pegawai, sewa tempat, bahan baku dan biaya operasional lainnya, mitra diprediksi bisa balik modal dalam satu tahun hingga dua tahun. Syarat luas ruangan usaha minimal 3 m x 3 m dengan tiga orang karyawan.

Bije Widjajanto, pengamat waralaba dari Ben WarG Consulting berpendapat, calon mitra harus cermat mencari apa saja fasilitas yang diberikan pusat sebelum bergabung. Salah satu yang penting adalah dukungan usaha dari pusat di awal. Karena, ini menentukan keberhasilan usaha mitra.


Total Clean   
JL. Bali, No. 26, Madiun
Hp: 081234142221

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×