PELUANG USAHA
Berita
Meraup segarnya usaha pabrik es balok

TAWARAN KEMITRAAN KULINER: ES BATU

Meraup segarnya usaha pabrik es balok


Telah dibaca sebanyak 16181 kali
Meraup segarnya usaha pabrik es balok

Tingginya permintaan es balok mendorong CV Lintas Artha Engineering menawarkan kemitraan bisnis dengan investasi Rp 250 juta dan Rp 750 juta. Dengan omzet mitra ditargetkan Rp 1,5 juta-Rp 2 juta per hari, mitra bisa balik modal dalam waktu 10 bulan.

Es batu atau es balok memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Selain untuk industri kuliner, es batu juga dibutuhkan oleh nelayan untuk mengawetkan ikan hasil tangkapannya. Es batu juga dibutuhkan industri pengolahan ikan untuk keperluan gudang pendinginan ikan.

Menyadari tingginya permintaan pasar, CV Lintas Artha Engineering di Malang, Jawa Timur menawarkan kemitraan bagi para investor yang ingin membuka pabrik es balok dan es tube (es balok ukuran kecil) sejak 2010 lalu.

Andre Wiwanto, pemilik CV Lintas Artha Engineering, mengatakan bahwa bisnis es batu lumayan menguntungkan. "Permintaannya tak pernah sepi," ujarnya. Ia telah terjun ke usaha ini dengan mendirikan pabrik es batu pertamanya di Malang pada tahun 2008. Karena peluang bisnisnya bagus, "Saya pun berani menawarkan kemitraan," katanya.

Saat ini, Lintas Artha telah memiliki dua mitra usaha di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam waktu dekat, ada beberapa permintaan lagi dari calon mitra yang berada di Malang, Lampung, dan Medan.

Menurut Andre, lokasi pabrik sangat menentukan kelangsungan usaha ini. Makanya, sebelum memenuhi permintaan mitra, ia akan melakukan survei lokasi dulu. "Jika wilayah itu permintaannya cukup besar maka pembangunan bisa segera dilakukan," katanya.

Lelaki 28 tahun ini menawarkan kemitraan pembangunan pabrik dalam dua skala investasi. Yakni, pabrik es tube dan es balok dengan investasi minimal Rp 250 juta dan Rp 750 juta.

Investasi itu belum termasuk tempat. Nilai investasi itu sudah termasuk mesin pembuat es, instalasi listrik, dekorasi pabrik, biaya pelatihan, dan standar operasional prosedur menjalankan usaha. "Kami tak ada biaya royalty fee, dan mitra bebas menentukan nama usahanya," jelasnya.

Untuk harga jual es balok dan es tube, diserahkan kepada mitra sesuai pasaran yang ada di wilayah tersebut. Jika lokasi pabrik strategis, dalam sebulan ditargetkan bisa memproduksi 10 ton es balok dan 2 ton es tube per hari.

Dengan produksi sebanyak itu, mitra bisa memperoleh omzet sekitar Rp 1,5 juta-Rp 2 juta per hari. "Labanya bisa mencapai 40% dan dalam 10 bulan hingga tiga tahun sudah balik modal ," katanya.

Penjualan es balok ini sudah dikemas dalam kantong berukuran 50 kilogram (kg). Anton bilang, harga es balok ukuran 50 kg biasanya dijual Rp 10.000 dan es tube 10 kg sekitar Rp 7.500-Rp 10.000.

Amir Karamoy, Ketua Dengan Pengarah Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) menilai, prospek bisnis kemitraan pabrik es memiliki pasar yang bagus di Tanah Air. Es balok banyak dibutuhkan restoran, kafe, nelayan sampai kebutuhan rumah tangga.

CV Lintas Artha Engineering
Jl. MT Haryono 167 Kav 24 Malang,
Jawa Timur
Telp : 0341-7777926

Editor: Tri Adi
Telah dibaca sebanyak 16181 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..