kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merdu bisnis karaoke Charly Van Houten


Minggu, 26 Oktober 2014 / 16:56 WIB
Merdu bisnis karaoke Charly Van Houten


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Rizki Caturini

Rasanya penikmat musik pop Melayu di Indonesia mengenal sosok Charly Van Houten atau yang kerap disebut Charly ST12. Ya, Charly yang merupakan mantan pentolan grup band ST12 ini, ikutan terjun ke dunia bisnis karaoke dengan mengusung  brand Charly VHT Family Karaoke.

Charly menawarkan bisnis karaoke dengan sistem kemitraan usaha sejak 2012 lewat PT Obing Mitra Sukses sebagai pemegang lisensi waralaba. Kini, Charly VHT Family Karaoke sudah memiliki 12 cabang dan mitra di Jabodetabek, Sumatra, seperti Padang, Jambi, dan Jawa Barat.

Christian Santosa, Marketing Director PT Obing Mitra Sukses mengatakan, Charly VHT Karaoke memberi tiga pilihan paket kemitraan. Pertama, paket Grand Charly VHT Family Karaoke & Coffee Lounge. Paket ini terdapat ruang karaoke dan juga lounge yang bisa digunakan untuk acara-acara perusahaan, arisan atau ulang tahun. Nilai paket investasi tergantung luas tempat usaha.

Christian mencontohkan, paket ini diambil oleh mitra di Rawamangun dengan memakan biaya investasi senilai Rp 6,8 miliar. Fasilitas yang didapat mitra adalah peralatan dan perlengkapan lengkap karaoke dan studio.

Luas bangunan berukuran luas minimal 700 meter persegi (m²), di dalamnya memiliki 30 ruangan karaoke, satu studio, satu lounge dan satu lobi atau kafe. Biaya investasi sudah termasuk renovasi, desain interior, peralatan, dan spesifikasi standar karaoke. "Rata-rata paket investasi Rp 4 miliar- Rp 6 miliar," ujarnya.

Biaya royalti 1%−5%

Paket kedua, Charly VHT Karaoke tanpa memiliki lounge. Harga paket tergantung luas area, dengan rata-rata harga senilai Rp 5 juta per meter persegi. Umumnya paket ini bisa memperbanyak ruangan-ruangan karaoke dan cocok untuk di daerah dan kabupaten.

Paket ketiga adalah Charly Spirit. Paket ini menyasar segmen menengah ke bawah, tanpa mengurangi kualitas peralatan, hanya jumlah ruangannya lebih sedikit, sekitar 15 ruangan−18 ruangan. Untuk paket ini, mitra perlu merogoh kocek sekitar Rp 1,5 miliar.

Charly VHT mengutip biaya kerjasama selama lima tahun untuk paket pertama dan kedua, senilai Rp 250 juta. Sedangkan, pada paket termurah sebesar Rp 200 juta. Mitra juga menyerap biaya royalti berkisar 1%-5%, sesuai dengan besaran omzet mitra per bulan.

Christian mengklaim, Charly VHT Family Karaoke memiliki kumpulan lagu-lagu yang paling lengkap dan terbaru setiap bulan. "Kami juga akan mendatangkan Charly saat peluncuran tempat karaoke baru," tambahnya.

Amir Karamoy, pengamat waralaba mengatakan, bisnis karaoke memiliki prospek yang masih menarik terutama di daerah-daerah. Namun, bisnis karaoke ini harus ditunjang dengan pendapatan sampingan, yakni dari pemesanan makanan atau restoran.         n

PT Obing Mitra Sukses        
Villa Gading Indah Blok A4/10, Jl. Bukit Gading Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp: (021) 45848683

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×