kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.571
  • EMAS593.896 0,51%

Panas dingin usaha minuman cendol

Sabtu, 04 Agustus 2018 / 13:05 WIB

Panas dingin usaha minuman cendol



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sudah bukan rahasia bila usaha minuman menjadi sektor bisnis kedua yang banyak disukai pemilik modal setelah makanan. Besarnya keuntungan yang bisa dikantongi, mudah dilakukan inovasi, dan diterima pasar menjadi daya tarik tersendiri usaha tersebut.

Termasuk usaha minuman cendol. Apalagi jenis minuman tradisional ini punya banyak penggemar. Rasa yang manis dan gurih membuat penjaja minuman ini kerap dijumpai, seperti di sekitar perumahan atau sekolah.

Tak heran bila tawaran kemitraan minuman cendol beberapa tahun yang lalu marak. Tujuannya adalah supaya ekspansi usaha lebih cepat terealisasi. Sejumlah tawaran kemitraan minuman cendol sudah pernah KONTAN ulas lebih dari satu tahun yang lalu. Nah, apakah kondisi bisnis kemitraan tersebut masih tetap menjanjikan, atau malah sebaliknya, kalah bersaing dengan tawaran kemitraan dari minuman kekinian yang semakin merajalela.

Untuk mengetahui lebih lanjut perkembangan usaha minuman ini, KONTAN akan mengulas perkembangan terkini dari sejumlah tawaran kemitraan cendol. Berikut ulsan singkatnya.   

Cendolsin

Salah satu pelaku usaha yang menawarkan kemitraan minuman cendol adalah Ari Adrian dengan usahanya yang diberi nama Cendolsin. Merintis usaha sejak 18 Desember 2014, nampaknya bisnis yang ia bangun kian mengalami pertumbuhan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah gerai dan mitra yang bekerja sama dengannya kian bertambah setiap tahunnya.

Diulas KONTAN pada Juli 2017, jumlah mitra Es Cendolsin sebanyak 130 mitra. Kini, mitra kian bertambah menjadi 140 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ari mengklaim, tambahan gerai tersebut terjadi lantaran konsumen kerap mampir ke gerai minuman tersebut. Sebab ia mengklaim bahan baku dari minuman ini terbuat dari  bahan-bahan yang berkualitas sehingga dari dari sisi cita rasa tidak mengecewakan.

Untuk paket investasi kemitraan yang ia tawarkan ternyata masih tetap sama. Terdiri dari tiga paket yakni Rp 7,5 juta, Rp 8 juta, dan Rp 9 juta. Paket investasi tersebut sudah termasuk  segala perlengkapan usaha serta tambahan bahan baku untuk 100 porsi.

Malah, saat ini pihaknya tengah  mengembangkan usahanya dengan membuka paket kemitraan baru dengan konsep kemitraan Cendolsin Bar dengan nilai investasi sebesar Rp 19 juta.

Paket tambahan tersebut sudah Ari kembangkan sejak awal tahun ini. Lebih lengkap dari tiga paket sebelumnya. "Jadi paket ini konsepnya kafe dan minuman yang disediakan juga tidak hanya cendol, ada jus buah, minuman khatulistiwa (gradasi), dan minuman lainnya,” ujarnya kepada KONTAN.

Hasilnya tergolong positif. Hingga kini sudah ada sekitar enam gerai Cendolsin Bar milik mitra yang beroperasi. Meskipun kini tengah fokus di kemitraan Cendolsin Bar namun ia tetap membuka peluang bagi mitra yang ingin bergabung di es Cendolsin.

Tak hanya paket investasi yang belum berubah, harga jual dari minuman cendol Cendolsin juga belum ada kenaikan harga. Saat ini, pihaknya masih menjajakan minuman cendol dengan kisaran harga Rp 8.000 - Rp 13.000 per porsi. Begitu pula dengan varian rasa yang masih ada sembilan varian.

Melihat hasil tersebut, ia masih tetap optimistis bisnis kemitraan cendol masih bisa berjalan. Malah ia berharap bisa menambah mitra kerja lagi sampai akhir tahun ini. Rinciannya adalah 10 mitra untuk paket Cendolsin dan ada enam mitra lagi di paket Cendolsin Bar. "Bagi saya, bisnis cendol tidak ada matinya dan optimistis ke depanya bis terus berkembang," ucapnya antusias.

Maklum, selama menjalani bisnis tersebut, ia mengklaim belum pernah mengalami kendala bisnis yang berarti yang kerap terjadi di sejumlah bisnis tawaran kemitraan minuman.


Reporter: Nur Pehatul Janna, Puspita Saraswati, Tri Sulistiowati
Editor: Johana K.

REVIEW WARALABA

TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0005 || diagnostic_api_kanan = 0.0766 || diagnostic_web = 0.7663

Close [X]
×