kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pebisnis respon baik ekspor ayam ke Malaysia


Kamis, 23 November 2017 / 19:46 WIB
Pebisnis respon baik ekspor ayam ke Malaysia


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia berencana mengekspor produk unggas yakni ayam lokal dan bebek petelur ke Malaysia. Menanggapi hal ini R, Soedarmady, Direktur Utama PT Ayam Kampung Indonesia (AKI) mengatakan hal ini merupakan upaya yang baik di mana pemerintah mencoba menunjukkan eksistensi di dunia.

Soedarmardy berpendapat, upaya ekspor tersebut merupakan salah satu langkah untuk mengatasi banyaknya pasokan ayam lokal di Indonesia. Dia mengakui, saat ini konsumsi masyarakat atas ayam lokal masih sedikit. Pasalnya, konsumen ayam lokal ini kebanyakan adalah masyarakat golongan menengah ke atas.

Soedarmady mengatakan saat ini selain perusahaan peternakan ayam lokal di Indonesia, masih ada banyak peternak rakyat yang tersebar di Indonesia. "Saat ini banyak backyard farm, peternak-peternak yang di daerah Itu masih banyak yang belum terdata," kata Soedarmardy, Kamis (23/11).

Menurut Soedarmady, konsumsi ayam lokal di Indonesia harus ditingkatkan. Pasalnya, dengan adanya pasar bebas, maka Indonesia akan dimasuki oleh produk-produk impor. "Kalau ayam ras itu indukannya impor, sementara kita memiliki sendiri. Tinggal manajemennya saja yang harus diubah," ujarnya.

Dengan peningkatan konsumsi ayam lokal di Indonesia, Soedarmady mengatakan produk ayam lokal tidak perlu di ekspor karena sudah dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Meski begitu, dia pun mengatakan produk ayam lokal harus lebih efisien sehingga mampu dijangkau seluruh masyarakat.

Sementara itu, Soedarmady mengatakan AKI belum siap untuk mengekspor produk ayam kampungnya lantaran masih merintis usaha yang dibangunnya. "Kalau saat ini kami belum siap ekspor. Tetapi rencana ke depannya kami ingin mengekspor ayam berbentuk karkas, jadi ayam lokalnya dipertahankan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×