kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang kursus melukis seindah lukisan


Sabtu, 07 April 2018 / 11:55 WIB
Peluang kursus melukis seindah lukisan


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Seiring perkembangan sistem pendidikan, lembaga pendidikan non formal mulai digandrungi para orangtua. Mereka memberi pelatihan atau kursus untuk buah hatinya guna mendorong bakat sang anak.

Kursus menggambar dan mewarna menjadi salah satu favorit para orang tua. Maklum, banyak manfaat yang dipetik dari menggambar dan mewarna. Ambil misal, sang anak bisa mengenal warna dan memegang alat tulis dengan benar.

Dianggap potensial, penyedia jasanya pun mulai menjamur. Bahkan, beberapa diantara ada yang menawarkan waralaba. Seperti Ohayolukis. Kursus menggambar dan mewarna  yang dibangun Oscar Sumarli ini sudah berjalan sejak 2005 lalu. Gerai pertamanya ada di  Jakarta.

Selang enam tahun, Oscar menawarkan waralaba. Sampai sekarang, dia sudah membuka 104 gerai mitra. Lokasinya tersebar, seperti di Jayapura, Lampung, Bali dan Jabodetabek.

Ada tiga kelas yang dibuka yaitu Crayon, Manga dan Kanvas. Jadwal pertemuannya mulai satu kali  hingga dua kali seminggu. Bila tidak berubah, Oscar akan membuka dua kelas baru yaitu Manga Korea dan Digital Art.

Menyasar kalangan menengah, biaya kursus per bulan dipatok mulai dari Rp 325.000 sampai
Rp 575.000. "Kami memiliki pengajar yang terlatih dan berkualitas karena training selalu dilakukan secara berkala," klaim dia kepada KONTAN, pekan lalu.

Ohayolukis menawarkan kemitraan usaha dengan investasi senilai Rp 45 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah perlengkapan senilai Rp 10 juta, penggunaan merek usaha, kerjasama selama tiga tahun, sistem, branding dan training.

Perlu dicatat, kerjasama ini mengenakan biaya royalti sebesar Rp 47.500 per siswa per bulan.
Berdasarkan perhitungan Oscar, waktu balik modal mitra sekitar enam bulan dengan catatan ada 30-50 murid yang ikut kursus. Setelah dipotong biaya operasional dan lainnya, porsi keuntungan bersih yang didapatkan mitra lebih dari 30% dari omzet per bulan.

Sepanjang tahun ini, Oscar memasang target untuk terus menambah jumlah pembukaan cabang baru di daerah-daerah yang belum ada Ohayolukis. Yakni di Aceh, Samarinda dan Palangkaraya.  Oleh karenanya, dalam rangka menjaring mitra baru, dia getol melakukan promosi melalui media digital dan pameran waralaba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×