kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang laba nan apik dari para fashionholic


Selasa, 19 April 2016 / 16:24 WIB
Peluang laba nan apik dari para fashionholic


Reporter: Melati Amaya Dori | Editor: S.S. Kurniawan

Tahukah Anda kalau Syahrini adalah seorang kolektor sepatu? Selebriti yang lekat dengan idiom cetar membahana ini konon memiliki koleksi sepatu hingga 400 pasang lebih.

Sepatu adalah salah satu barang fashion yang gemar dikoleksi oleh wanita. Selain sepatu, barang fashion lain yang juga kerap memenuhi lemari kaum hawa adalah tas.

Memiliki sepasang sepatu dan satu tas bisa jadi tidak cukup bagi seorang fashionholic. Banyaknya orang yang doyan berburu tas dan sepatu untuk menambah koleksinya ini membuka peluang bisnis.

Tak heran, banyak toko yang menjajakan berbagai merek dan bentuk tas maupun sepatu tersebar di berbagai pusat perbelanjaan.

Tertarik mencoba peruntungan di bisnis tas dan sepatu? Kalau ya, Anda tidak perlu repot-repot mencari tempat untuk membuka toko tas atau sepatu. Cobalah menjajakan tas dan sepatu secara online.

Memang, masih banyak orang yang lebih senang membeli langsung ke toko jika ingin mendapatkan sepatu baru. Sebab, dengan datang ke toko, mereka bisa mencoba terlebih dulu beberapa model sepatu yang dianggap menarik. Begitu juga dengan tas

Tapi ternyata, banyak juga, lo, orang-orang yang ingin memiliki tas atau sepatu baru, tetapi tidak punya cukup waktu untuk pergi mencari ke toko. Nah, buat orang-orang seperti ini, toko tas dan sepatu luring akan jadi pilihan.

Selain itu, memang ada beberapa hal yang membuat orang lebih memilih berbelanja di toko online ketimbang pergi ke toko offline.

Pertama, tentu toko online memiliki keunggulan dari sisi kemudahan mengakses. "Banyak orang yang tidak suka berpanas ria atau bermacet ria untuk berbelanja sebuah tas atau sepasang sepatu," kata Sheryta Arsalia, pemilik toko tas dan sepatu online bernama Schatzbox.

Kedua, seringkali, toko tas atau sepatu online menawarkan model yang lebih beragam, walaupun dengan stok yang lebih terbatas. "Toko online tak terbatas model dan harga, bahkan produk ekspor dan impor ada di toko online. Jadi bisa banyak pilihan juga," tambah Julia Famor, pemilik toko tas dan sepatu online Adoramora.

Prospek cerah

Para pedagang tas dan sepatu online menyebut, peluang dalam bisnis ini masih terbuka luas. Pasalnya, tas dan sepatu termasuk barang yang memang dibutuhkan karena kegunaannya. Setiap orang tentu membutuhkan alas kaki dan tas untuk membawa barang-barangnya.

Selain itu, tas dan sepatu termasuk barang lifestyle. Banyak orang yang gemar mengoleksi kedua barang ini, atau orang-orang yang memang doyan berganti-ganti tas dan sepatu. Itu mengapa bisnis e-commerce tas dan sepatu memiliki prospek yang menggiurkan.

Toko tas dan sepatu online biasanya juga jadi pilihan orang-orang yang gemar memiliki tas atau sepatu impor dengan merek tertentu. Para pecinta tas dan sepatu impor ini tidak perlu repot-repot berbelanja ke luar negeri.

Memang, beberapa merek tas dan sepatu di luar negeri juga bisa dibeli langsung ke produsennya secara online. Tetapi, tidak semua penggemar tas atau sepatu impor ini memiliki sarana untuk berbelanja langsung ke luar negeri.

“Mereka yang tidak punya kartu kredit atau akun e-money luar negeri, bisa tinggal belanja dari toko online sepatu dan tas impor,” tambah Shery. Selain itu, banyak yang merasa bertransaksi dengan toko online dalam negeri lebih aman.

Seberapa menarik, sih, prospek berbisnis sepatu dan tas via dunia maya ini? Biar lebih jelas, mari kita tengok Adoramora. Toko online yang berdiri sejak 2012 ini kini omzetnya sudah mencapai Rp 300 juta sebulan.

Asal tahu saja, di masa-masa awal berjalannya toko, omzet Adoramora cuma sekitar jutaan rupiah per bulan. Setelah sudah cukup berhasil di bisnis penjualan tas dan sepatu, kini Adoramora memperluas produk jualannya.

Selain menjajakan tas dan sepatu, toko online ini juga menjual aksesori, perlengkapan rumah tangga dan benda unik lainnya.

Tambah lagi, cuan dari bisnis toko tas dan sepatu online ini juga cukup lumayan. “Keuntungan yang bisa diambil bervariasi, bisa mulai dari sekitar Rp 250.000 hingga Rp 1 juta untuk tiap produk impor saat ini,” tambah Julia. 

Menjadi pedagang tas dan sepatu ini juga tidak susah-susah amat, kok. Saat ini, pedagang sepatu dan tas tidak perlu punya perajin sepatu atau.tas sendiri untuk bisa menjual barang-barang yang berkualitas.

Info saja, salah satu keunggulan berdagang tas dan sepatu secara online adalah penjual cukup menggunakan senjata berupa foto.

Dengan hanya bermodalkan foto, maka pemilik toko online sudah bisa berjualan. Foto ini bisa didapatkan dari pemasok, perajin atau situs masing-masing produsen sepatu.

Terlebih, penjual barang secara online jelas tidak memerlukan toko fisik untuk memajang barangnya. Karena itu, si penjual tidak perlu mengeluarkan biaya investasi toko. Dampaknya, harga barang bisa semakin bersaing.

Menurut Dini Surono, pendiri toko tas Ciciero Bags, hal ini menjadi keuntungan bagi pebisnis yang menjajakan barang secara online. Menurut dia, saat ini semakin banyak orang yang mencari produk berkualitas dengan harga lebih murah.

"Kondisi perekonomian yang lesu juga bisa membuat orang lebih memilih berbelanja di toko online, sehingga tidak mengeluarkan banyak ongkos," terang Dini.

Harus paham

Meski pada dasarnya menjadi penjual sepatu dan tas online tidak susah-susah amat, bukan berarti menjalankan bisnis ini tidak perlu bekal.

Salah satu syarat agar bisa sukses menjadi penjual tas dan sepatu online adalah orang tersebut harus memiliki passion di bidang bisnis, juga dalam hal tas dan sepatu. "Kalau sudah passion, semuanya akan terasa ringan," kata Julia.

Jangan lupa, tas dan sepatu adalah barang fashion. Karena itu, perkembangan produk ini pun mengikuti perkembangan fashion.

Penjual tas dan sepatu tentu harus mengetahui dan selalu mengikuti perkembangan mode tersebut. Dengan demikian, produk-produknya juga bisa tetap laris.

Tentu saja, bila awalnya buta soal dunia fashion tas dan sepatu, Anda bisa mempelajari hal ini sebelum memulai bisnis.

Kalaupun Anda merasa tidak mampu memahami sendiri mengenai seluk beluk tren tas dan sepatu, Anda bisa mencari mitra atau mempekerjakan karyawan yang mengerti mengenai tren dan mode seputar tas dan sepatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×