: WIB    —   
indikator  I  

Peluang menjanjikan dari lukisan siluet wajah

Peluang menjanjikan dari lukisan siluet wajah

KONTAN.CO.ID - Lukisan siluet wajah yang berbentuk lekukan wajah dengan blok warna hitam, kini menjadi salah satu pilihan bentuk kado spesial,  bingkisan atau suvenir bagi orang-orang tersayang. Makin banyak saja pelaku usaha yang menjajal peruntungan di sektor ini, salah satunya adalah Risqi Fadul Rahman asal Jakarta.

Siswa kelas 12 Sekolah Menengah Atas tersebut tertarik membisniskan lukisan siluet wajah sejak tahun 2014. "Berawal dari hobi, sejak SMP saya suka utak-atik aplikasi Photoshop untuk bikin siluet digital," tuturnya.

Berawal dari minat itulah, ia membuka pesanan ke teman-teman sekolahnya dan ternyata banyak yang tertarik. Harga yang ditawarkan untuk lukisan siluet wajah buatan Risqi cukup beragam, mulai Rp 85.000 per buah untuk lukisan ukuran A4, kemudian Rp 120.000 - Rp 130.000 untuk lukisan ukuran A3. "Harga tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya. Kalau satu frame dua orang, harganya bisa Rp 140.000. Lebih mahal karena lebih rumit," tuturnya.

Pelanggan lukisan siluet wajah buatan Risqi datang dari berbagai wilayah, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Aceh dan Riau. Kebanyakan dari pelanggan tersebut banyak yang memesan lukisan siluet couple wedding sebagai kado pernikahan. Biasanya juga banyak yang memesan ukuran A3 karena lebih kelihatan jika dipajang.

Risqi mengungkapkan bisa membuat 15-25 lukisan per bulan. Secara kapasitas memang masih sedikit, hal itu disebabkan karena ia harus membagi waktu dengan sekolahnya. "Masih sulit bagi waktu dengan sekolah dan belajar. Jadi ambil pesanan sesenggangnya saya saja," ujarnya.

Menjalankan bisnis lukisan siluet wajah juga dilakukan oleh Asna Lupita asal Jogja. Sejak 2014 lalu, dirinya merintis Galeri Siluet Arts. "Kebetulan saya kuliah jurusan seni dan beberapa teman saya, waktu itu sudah ada yang menerima pesanan lukisan siluet. Saya lihat kok bagus, jadi saya ikutan," katanya.

Galeri Siluet Arts milik Asna membanderol lukisan siluet mulai Rp 110.000-Rp 170.000 per unit. Sama halnya dengan Risqi, Asna juga mempertimbangkan ukuran serta jumlah orang yang ada dalam satu frame. "Makin banyak wajah yang digambar dalam satu frame, harganya otomatis nambah, karena makin rumit," ungkapnya.

Mahasiswi semester akhir Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini biasanya menerima pesanan untuk kado ulang tahun, perkawinan maupun cenderamata. Proses pembuatannya sekitar dua hingga empat hari, tergantung kerumitannya.

Ia bisa membuat sampai 50-70 unit lukisan siluet setiap bulan. "Pelanggan sudah dari mana-mana, kebanyakan sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah. Luar Jawa juga sudah pernah kirim juga, ke Aceh, Medan, Palembang, Makasar, Balikpapan," kata Asna.


Reporter Elisabeth Adventa, Mia Chiara
Editor Johana K.

PELUANG USAHA

Feedback   ↑ x
Close [X]