kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang pintar lembaga pendidikan


Rabu, 11 November 2015 / 13:18 WIB
Peluang pintar lembaga pendidikan


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Tri Adi

Jakarta Language School asal Jakarta menawarkan paket kemitraan usaha lembaga pendidikan dan bahasa seharga Rp 700 juta. Mitra akan mendapatkan sistem pengajaran, pelatihan hingga desain tempat usaha. Targetnya mitra bisa balik modal sekitar dua tahun.

Memiliki keterampilan berbahasa asing sudah menjadi kebutuhan masyarakat di era globalisasi saat ini. Tidak hanya bahasa Inggris, bahasa Mandarin dan lainnya kini sudah menjadi salah satu bahasa pengantar yang jamak untuk berinteraksi antara masyarakat dunia. Itu sebabnya, banyak kursus bahasa bermunculan untuk menggarap ceruk pasar ini.

Salah satunya adalah lembaga pendidikan Jakarta Language School di Jakarta milik Nona Sari. Usaha ini dia jalankan sejak Januari 2012. Selain program bahasa Inggris dan Mandarin untuk dewasa, tempat ini menawarkan kursus mata pelajaran sekolah untuk anak usia 2 tahun hingga 17 tahun dan kursus bahasa Indonesia untuk orang asing.

Nona lantas mulai menawarkan kemitraan usaha sejak awal tahun lalu. Saat ini sudah ada tiga gerai yang beroperasi, dua gerai milik pusat di Jakarta dan satu gerai milik mitra di Bandung.

Jika tertarik, siapkan kocek sekitar Rp 700 juta. Mitra akan dibekali survei tempat usaha, buku pelajaran, pelatihan pengajar dan sistem pengajaran dari pusat pusat senilai Rp 500 juta. Sisanya untuk biaya desain tempat usaha.

Mitra bisa menggunakan nama Jakarta Language School karena kerjasama berlangsung selamanya. Namun, mitra harus mempersiapkan peralatan mengajar dan biaya promosi sendiri. Mitra juga akan dikenakan biaya royalti 5% dari omzet per bulan.
Waktu belajar fleksibel

Durasi belajar di lembaga pendidikan ini tergantung kemauan siswa sendiri. Waktu belajar bisa dipilih mulai dari Senin hingga Jumat pukul 12.00 siang sampai pukul 20.30 malam dan Sabtu mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 15.00 sore.

Nona mengklaim, program pendidikan yang diberikan kepada siswa diajarkan oleh tenaga pengajar yang profesional. “Tidak hanya itu, untuk program bahasa, siswa bisa belajar melalui media online seperti Line, Whatsapp atau webcam via Skype,” kata Nona.

Harga paket belajar dipatok sekitar Rp 2,3 juta untuk dua bulan dengan 18 kali pertemuan. Sementara untuk paket belajar tiga bulan seharga Rp 3,9 juta sampai Rp 44 juta untuk paket tahunan.

Dalam satu kelas rata-rata ada enam murid hingga 10 murid. Menurut hitungan Nona, mitra bisa meraup laba bersih sekitar 20%−30% setiap bulan. "Dari situ mitra diperkirakan balik modal 12 bulan−15 bulan," ucapnya.

Luas tempat usaha setidaknya bisa menampung puluhan murid. Ke depannya, Nona menargetkan untuk membuka gerai milik pusat sebanyak 10 di BSD, Alam Sutera, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan.

Khoerussalim Ikhsan, pengamat waralaba dari Entrepreneur College mengatakan, kebutuhan pasar akan lembaga pendidikan tetap ada. Namun, dengan nilai investasi yang cukup besar, calon mitra harus lebih cermat memperhitungkan biaya sewa tempat, balik modal dan biaya promosi.       


Jakarta Language School           
Jl. Florence Grande No. 21, Pantai Indah Kapuk, Jakarta
HP: 0877-7838-9398

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×