kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang renyah ayam krispi Mbokjeh


Minggu, 27 Mei 2018 / 14:10 WIB
Peluang renyah ayam krispi Mbokjeh


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Sudah bukan rahasia lagi, jika usaha kuliner olahan daging ayam menjadi salah satu usaha favorit pemilik modal. Maklum, menu ayam sudah familiar, plus harganya terjangkau.  

Yanuar Anaba pun ingin mencicip gurihnya bisnis ayam krispi dengan membuka Mbokjeh di Yogyakarta. Juni 2016 lalu. Lantas, hanya berselang bulan, dia menawarkan kemitraan. Kini, ada dua mitranya, di Cilacap dan Klaten, Jawa Tengah.

Ada 15 menu yang disediakan Mbokjeh. Mulai ayam geprek, ayam crispy original, dan chicken wings. Sebagai pelengkap, tersedia enam pilihan saus, yakni  barbeque, spicy dan original. Harga seporsi menu Mbokjeh mulai Rp 7.000-Rp 30.000.

Yanuar mengklaim kelebihan produknya terdapat pada rasa saus yang khas dan pas berpadu dengan ayam krispi. Resepnya merupakan racikannya sendiri.

Ada empat paket kemitraan Mbokjeh. Pertama, MJ Ultimate senilai Rp 150 juta. Kedua, MJ Platinum senilai Rp 85 juta. Ketiga MJ Premium seharga Rp 30 juta. Dan, terakhir MJ Streetfood senilai Rp 16 juta.

Mitra MJ Ultimate akan mendapat merek, perlengkapan resto dan peralatan masak, bahan baku senilai Rp 20 juta, pelatihan dan branding. Mitra menyiapkan lokasi 28 m2 dan empat karyawan.

Sedangkan mitra MJ Platinum mendapatkan merek, pelatihan, sistem, sebagian peralatan dan konsep usaha. Begitu pula, mitra MJ Premium hanya mendapat merek, konsep bisnis dan sistem. Untuk mitra MJ Streetfood mendapat gerobak lengkap dengan peralatan masak, bahan baku awal, pelatihan dan merek.

Seluruh mitra wajib mengambil bahan baku utama dari pusat. Selain itu, Yanuar menerapkan dua sistem kemitraan. Yakni, full management dengan komposisi bagi hasil 60% manajemen 40% mitra, serta owner management dengan biaya royalti 10% dari omzet.

Berdasarkan perhitungan Yanuar, mitra bisa balik modal dalam setahun. Asal, tercapai omzet Rp 30 juta-Rp 50 juta per bulan.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai potensi kuliner jenis ayam masih sangat bagus di Indonesia.  Tentu saja potensi ini harus diikuti dengan usaha yang maksimal dan strategi bisnis yang tepat agar brand bisa tampil kuat di tengah persaingan ketat.

Testimonial pengunjung bisa menjadi cara mengundang konsumen baru. "Story telling akan membantu menarik konsumen baru secara cepat, selain produk yang istimewa dan khas," katanya.

Sedangkan, konsumen lama akan tetap bertahan jika kualitas produk dan pelayanannya baik dan stabil. Untuk menjaga konsumen lama ini, pemilik gerai bisa berpromosi dengan dengan sistem poin atau membagi kupon untuk kedatangan selanjutnya.      

Mbok Jeh
Jl Ki Ronggo Krapyak,
Klaten, Jawa Tengah
HP. 087837478227

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×