kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rambut rapi, fulus pun mengantre


Rabu, 02 Agustus 2017 / 08:25 WIB
Rambut rapi, fulus pun mengantre


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Johana K.

Menjadi kebutuhan, bisnis barbershop masih diminati. Peluang kemitraan pun datang dengan bertubi-tubi. Salah satunya ditawarkan oleh Four R Barbershop. Usaha besutan Ricky Bagja ini berdiri di Bekasi pada 2015 lalu.

Namun, pada 2016, usaha Four R Barbershop pindah ke Bandung. Sejak saat itu pula, peluang bermitraan mulai ditawarkan.

Kini, Four R Barbershop punya dua gerai di Bandung. “Sekarang juga sudah ada tiga calon mitra akan bergabung,” tutur Ricky.

Ada tiga paket kemitraan barbershop ini. Mulai dari Rp Rp 30 juta, Rp 50 juta, dan Rp 75 juta. “Perbedaannya ada pada kualitas peralatan dan kapasitas gerai,” tutur Ricky.

Adapun fasilitas yang diperoleh mitra antara lain, peralatan lengkap barbershop, desain interior, media promosi, serta fasilitas AC, dan LCD TV. Paket investasi Rp 30 juta, dilengkapi 2 kursi barber. Paket investasi Rp 50 juta, dilengkapi 3 kursi barber dan 2 bangku creambath. Sementara itu, paket premium senilai Rp 75 juta dilengkapi 4 kursi barber dan 3 kursi creambath.

Ricky juga akan menyediakan kaspter. Jumlahnya berkisar 2-8 orang bergantung paket dan luas gerai. “Paling mitra tinggal sediakan kasir,” jelas Ricky.

Setiap gerai Four R Barbershop menyediakan jasa potong rambut, cat rambut dan smoothing dengan kisaran harga Rp 25.000-Rp 200.000 per kepala. Targetnya mitra dapat gaet 20-30 konsumen per hari untuk meraup omzet Rp 20 juta-Rp 30 juta per bulan.

Selain biaya operasional dan gaji karyawan, mitra juga memberi komisi kaspter sesuai jumlah orang yang dilayani. Selain itu, mitra harus biaya bulanan Rp 1 juta dan biaya tahunan sebesar Rp 5 juta.  

Ricky menargetkan mitra bisa mencetak laba sekitar Rp 10 juta-Rp 15 juta per bulan. Targetnya, mitra dapat balik modal dalam 5-6 bulan.

Kontrak kerjasama antara mitra dengan pihak pusat berlangsung selama tiga tahun. Tak ada biaya perpanjangan kontrak, hanya jika mitra memutuskan kerja sama sebelum tiga tahun, semua alat akan ditarik.

Djoko Kurniawan pengamat waralaba menilai, sistem kemitraan Four R Barbershop sudah bagus. Hal ini tergambar dari sistem penyaluran SDM hingga penyusunan simulasi usaha yang masih fisibel untuk direalisasikan. "Tinggal memantapkan detail perjanjian antara mitra dan pusat," tutur Djoko.

Satu hal yang patut diperhatikan adalah soal pengelolaan SDM. Djoko setuju dengan sistem perekrutan kapster dari pusat, hanya  jika terjadi kekurangan atau pergantian, pusat harus segera turun tangan agar mitra tak rugi.

Meski optimis target yang ditentukan Four R Barbershop bisa direalisasikan, Djoko tetap mengingatkan mitra untuk selektif memilih lokasi. "Ini kan bisnis kebutuhan, jadi mungkin saja diwujudkan. Semua tergantung lokasi," jelas Djoko.

Four R Barbershop
Jl. A.H. Nasution No. 95
Bandung
HP.  081322111778

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×