kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ruangguru terus perlebar pangsa pasar pengguna teknologi pendidikan


Rabu, 14 Maret 2018 / 14:35 WIB
Ruangguru terus perlebar pangsa pasar pengguna teknologi pendidikan
ILUSTRASI. Perluas Pasar Ruang guru


Reporter: Dian Sari Pertiwi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendidikan di Indonesia yang masih jauh tertinggal dari negara tetangga jadi ceruk paras potensial bagi start-up teknologi pendidikan seperti Ruangguru.

Setelah sukses menggaet tujuh juta pengguna internet, kini Ruangguru sudah menjajaki pasar korporasi dengan platform pembelajaran dan pelatihan online untuk para karyawan.

Anggaran perusahaan untuk mengadakan pelatihan secara offline cukup besar dan rutin dilakukan, sehingga jadi ceruk pasar yang sayang untuk dilewatkan. 

Dengan teknologi, Ruangguru menawarkan alternatif pelatihan berbasis teknologi yang efisien dan efektif. Salah satu perusahaan yang menggunakan jasa Ruangguru adalah Pertamina dengan mengembangkan produk Ruangkerja untuk para karyawannya.

Iman Usman, Kepala Produk Ruangguru menyebut penggunaan teknologi dalam sistem pendidikan dapat mempermudah berbagai instansi dalam memberikan pelatihan dan edukasi bagi para tenaga kerjanya. "Platform kami terbuka untuk siapapun, kami juga melakukan penjajakan kerjasama dengan berbagai instansi," ujar Iman dalam konferensi pers acara Learning Innovation Summit 2018 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta (14/3).

Di luar Pertamina, Iman menyebut produk Ruangguru juga cocok untuk perusahaan sektor keuangan seperti perbankan dan asuransi yang memiliki tenaga kerja cukup besar. "Agen asuransi ada puluhan bahkan sampai ratusan ribu, dengan teknologi on boarding process-nya jadi lebih efisien daripada harus melatih dan mendatangkan satu per satu," ujar dia.

Selain perusahaan swasta, Ruangguru juga sudah bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah. Seperti, Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan pendidikan vokasi industri. 

Agar pasarnya makin lebar, Ruangguru juga mengadakan Learning Innovation Summit 2018. Agenda ini diklaim mengundang lebih dari 1.000 peserta yang terdiri dari kabinet kerja, kepala daerah, dewan direktur perusahaan swasta dan kepala dinas pendidikan provinsi, kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

Saat ini, Ruangguru sudah memiliki lima produk yang dapat diakses melalui aplikasi. Di antaranya, ruangbelajar, ruangles, ruangles online, digital bootcamp dan ruanguji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×