kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segar fulusnya, manis bisnis minuman ice blend


Rabu, 05 April 2017 / 16:47 WIB
Segar fulusnya, manis bisnis minuman ice blend


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Bisnis minuman dingin nampaknya masih jadi salah satu usaha favorit. Diantara berbagai jenis minuman dingin, ice blend adalah varian yang paling banyak muncul. Karena memiliki banyak rasa, harga jual minuman ice blend juga termasuk murah meriah. Salah satu yang menawarkannya adalah Joe Setiono dengan merek Soft Blend.

Mendirikan usaha sejak tahun 2010 di Bandung, dia pun baru menawarkan kemitraan pada awal tahun 2017 ini. Namun, meski baru beberapa bulan, Joe sudah membuka delapan gerai mitra. Sementara, pusat mengelola tiga gerai lain.  “Rencananya akan ada enam sampai tujuh mitra lagi di luar Pulau Jawa,” ucapnya.

Ada dua paket kemitraan Soft Blend. Yakni senilai Rp 9 juta dan Rp 45 juta. Pada kedua paket itu mitra akan  mendapat booth, bahan baku minuman bubuk, peralatan usaha, x-banner dan pelatihan karyawan. Bedanya, pada paket senilai Rp 45 juta, mitra akan memperoleh tambahan mesin roasting kopi.

Kerjasama kemitraan berlangsung seumur hidup, selama mitra membeli bahan baku ke pusat. Pusat tak mengutip biaya royalti ataupun franchise fee. Menurut Joe, kelebihan dari Soft Blend terletak pada racikan barista yang khas dan seni membuat minuman kepada konsumen. “Bahan-bahan minuman juga tidak instan, karena diracik pusat langsung,” imbuh Joe.

Harga jual ke konsumen berkisar Rp 7.000 hingga Rp 19.000 per cup. Soft Blend menyajikan 56 varian rasa minuman, diantaranya coklat, mojito, kopi, green tea dan healthy blend. Mitra ditargetkan menjual 30-60 cup per hari. Dengan begitu, omzet yang diperoleh capai Rp 350.000 per hari.

Laba bersih yang bisa dikantongi mitra berkisar  25% sampai 40% dari omzet per bulan. Dari situ, Joe memprediksi mitra bisa mendapat modalnya kembali dalam waktu sekitar tujuh bulan.

Supaya mencapai target, Joe menyarankan untuk mitra menyasar lokasi di rumah sakit, kampus ataupun mal. Kebutuhan luas ruangan minimal  2x 2,5 m2 untuk mitra yang mengambil paket senilai Rp 9 juta atau 4x5 m2 untuk mitra yang mengambil paket Rp 45 juta. Biar ramai penjualan saat awal, mitra sebaiknya adakan promosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×