kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,19   6,59   0.66%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sentra burung Solo: Berburu burung murah (1)


Rabu, 03 Oktober 2012 / 13:33 WIB
Sentra burung Solo: Berburu burung murah (1)
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Reporter: Revi Yohana, Havid Vebri | Editor: Tri Adi

Bila Anda penyuka burung kicau dan sedang berkunjung ke Solo, Jawa Tengah, sempatkan mampir ke Pasar  Burung Depok. Di pasar yang telah berdiri sejak tahun 1980-an ini, Anda bisa menjumpai ratusan pedagang yang menjual segala jenis burung.  

Lokasi pasar ini mudah diakses karena berada di tengah kota. Letaknya tak jauh dari kawasan Stadion Manahan dan hanya sepelemparan batu dari Taman Balekambang, Solo.

Namun, jika berkunjung sekarang, Anda akan mendapati pemandangan berbeda dari biasanya. Pasar burung terbesar di Jawa Tengah itu kini bagai pasar tiban.

Para pedagang berjualan di jalanan sebelah luar pasar. Boleh dibilang mereka kini menempati pasar darurat. Pasalnya, pasar tempat mereka berjualan kini sedang dalam tahap pemugaran dan pembangunan. Pemugaran pasar ini dijanjikan selesai tahun depan.

Kendati menempati pasar darurat, minat orang mengunjungi pasar ini tak pernah surut. KONTAN sempat menyambangi pasar ini pada pekan lalu. Tampak ratusan pedagang menempati kios-kios sementara yang dibangun di jalan sepanjang satu kilometer di luar pasar. Dengan lebar jalan dua meter, pengunjung hanya dibolehkan berjalan kaki, mengendarai sepeda ontel, dan sepeda motor.

Hampir setiap hari, Pasar Depok ramai dikunjungi pembeli atau orang-orang yang sekadar datang mencari hiburan dengan mendengarkan kicauan burung.

Selain warga Solo, pengunjung pasar ini juga banyak dari luar daerah. Salah satunya dari Jakarta. "Saya punya banyak pelanggan dari luar kota, termasuk Jakarta," kata Basuki, salah seorang pedagang di pasar ini.

Bagi para pecinta burung, pasar ini memang menjadi lokasi favorit berburu burung.  Pasalnya, harga burung disini lebih murah dibandingkan dengan pasar daerah lain, termasuk Jakarta.  

Wawan, salah seorang pengunjung Pasar Depok mengaku berasal dari Jakarta. Ia mengaku, kerap mampir ke pasar ini saat berkunjung ke Solo. "Harganya murah," kata Wawan.

Saat itu, ia membeli seekor burung jalak suren dengan harga Rp 300.000. Di Jakarta, harganya bisa Rp 500.000-Rp 700.000 per ekor.

Selain buat dipelihara sendiri, ia juga mengaku kerap mendapat pesanan dari teman-temannya sesama pecinta burung. "Iya nanti tinggal diganti ongkos transportasi," ujarnya.

Harga beberapa jenis burung di pasar ini murah karena di daerah Solo dan sekitarnya banyak terdapat tempat penangkaran burung. Selain jalak suren banyak juga warga solo menangkarkan burung jenis love bird.

Pedagang lainnya, Satrio mengaku kerap mendapatkan pasokan burung dari para penangkar yang ada di sekitar Solo. Di kiosnya, ia banyak menjual burung love bird dengan harga mulai dari Rp 400.000 per ekor untuk usia tiga hingga empat bulan.  Ada pula yang dibanderol Rp 2,5 juta per ekor seperti burung love bird jenis lutino yang usianya sudah setahun.

Bila ada yang membeli dalam partai besar, harganya bisa lebih murah lagi. Satrio sendiri sering menjual burung dalam partai besar. "Sebulan bisa menjual ratusan ekor  dengan omzet di atas Rp 100 juta," ujarnya.

Selain love bird, ia juga menjual burung kicau lain, seperti cucak rawa. Biasanya, setiap pedagang menjual jenis burung yang berbeda. Hendro, misalnya, banyak menjual burung parkit. Burung ini juga didapatnya dari penangkar. Burung ini tergolong murah dengan harga Rp 40.000 per ekor.

Selain itu, ada juga burung beo yang dijual di Rp 1,5 juta hingga Rp 7 juta.Dari berjualan burung, omzetnya sebulan Rp 10 juta. "Kalau lagi ramai, lebih," ujarnya.

Adapun Basuki lebih banyak menjual burung jalak suren. Omzet juga mencapai puluhan juta per bulan.        


(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×