kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sentra Mobil Bekas MGK: Mobil bekas baru (1)


Kamis, 01 November 2012 / 14:11 WIB
Sentra Mobil Bekas MGK: Mobil bekas baru (1)
Pemerintah bakal mengoptimalkan basis data untuk mengejar target pajak pada 2022. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.


Sumber: Kontan 1/11/2012 | Editor: Havid Vebri

Jika Anda tengah mencari mobil bekas di kawasan Jakarta Pusat, tak ada salah Anda menyambangi pusat jual-beli mobil bekas di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat. Di lokasi ini tersedia pelbagai pilihan mobil bekas dengan harga bersaing.

Bursa mobil bekas ini menempati gedung MGK Plaza yang berlokasi di Jalan Angkasa Kav B6, Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Sentra ini sebetulnya telah ada sejak sekitar lima tahun lalu.

Penjualan mobil bekas di MGK sempat dipusatkan di lantai dasar, lalu dipindahkan ke lantai tujuh dan kini di lantai tiga. "Pindah ke lantai tiga sejak awal tahun ini," tutur Gunawan pemilik Garasi Mobil, salah satu showroom mobil di sentra tersebut.

Ada belasan showroom di lantai tiga ini, dan hanya ada satu showroom yang menjual mobil baru. Bursa mobil bekas ini cukup nyaman buat berbelanja. Selain tempatnya luas, juga bersih dan rapi.

Tempat ini juga sudah dilengkapi pendingin ruangan. Meski bekas, rata-rata showroom memajang mobil keluaran baru. Sedikit sekali mobil keluaran lama yang dipajang di sini. "Kalau saya hanya menjual mobil keluaran 2004 ke atas," ujar Gunawan.

Di showroom-nya, ia menjual pelbagai merek mobil, seperti Toyota Camry dan Fortuner keluaran tahun 2008. Selain itu, ada juga Honda Accord Honda Oddysey keluaran tahun 2010.

Harga setiap mobil sudah terpampang pada papan yang terdapat di showroom tersebut. Untuk mobil Camry keluaran tahun 2008, misalnya, dibanderol Rp 270 juta. Sementara Innova keluaran 2005 dan 2006 di hargai Rp 148 juta - Rp 168 juta,

Gunawan mengaku, setiap bulan bisa menjual sekitar empat mobil. Omzetnya pun ratusan juta rupiah. Namun, ia mengaku untungnya tidak terlalu besar. "Satu mobil paling saya hanya mendapat Rp 5 juta sampai Rp 10 juta," ujarnya.

Marninus, pengelola showroom Delta Mobil  mengaku, mampu menjual sekitar lima buah mobil per bulannya. Namun, senada dengan Gunawan, ia mengaku laba yang diperolehnya tidak besar.

Profit yang didapat hanya sekitar Rp 10 juta per mobil. Sama dengan Garasi Mobil, Delta Mobil hanya menjual mobil bekas keluaran tahun 2004 ke atas. Satu-satunya showroom yang menjual mobil baru di tempat ini adalah Robby Jaya Auto Car. Robby Jaya khusus menjual mobil built up yang diimpor langsung dari Jepang maupun dari Eropa.

Di antaranya terdapat Alphard, Lexus, dan Land Rover. Harga jual mobil impor  ini mulai dari Rp 750 juta hingga miliaran rupiah. Marketing Robby Jaya, Deddi Christianto mengaku, sudah memiliki pelanggan setia. Makanya, ia tidak khawatir kalah bersaing dengan showroom mobil bekas di kawasan tersebut.

Menurut Deddi, lokasi MGK cukup nyaman dan sesuai dengan segmentasi pasar mereka. Dalam sebulan, Robby Jaya mampu menjual hingga lima unit mobil built up.                     
(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×