kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tawaran air minum isi ulang belum kering


Selasa, 01 Desember 2015 / 14:58 WIB
Tawaran air minum isi ulang belum kering


Reporter: Rani Nossar | Editor: Tri Adi

Kemitraan bisnis air minum isi ulang terus menjamur di Indonesia. Kali ini tawaran kemitraan usaha datang dari Daily Fresh Water di Jakarta. Paket investasinya Rp 100 juta. Mitra ditargetkan meraup omzet Rp 30 juta per bulan dan balik modal dalam waktu sekitar 1,5 tahun.

Air merupakan zat terpenting bagi makhluk hidup yang di planet Bumi. Bagi manusia, air digunakan sebagai minuman pelepas dahaga. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh manusia terdiri dari air. Karena itu, tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari sekitar 4 hari-5 hari tanpa minum air.

Besarnya ketergantungan manusia terhadap air, membuat berbagai bisnis minuman tumbuh subur di Indonesia. Salah satunya bisnis air minum isi ulang. Selain tidak butuh tempat luas, bisnis pengelolaan air minum isi ulang juga mudah.

Salah satu penyedia jasa air isi ulang adalah Daily Fresh Water dari Jakarta yang berada di bawah naungan PT Airku Sehat Segar.  Setelah berdiri pada tahun 2003, pada tahun ini Daily Fresh Water mulai berani membuka tawaran kemitraan usaha.

Saat ini, Daily Fresh Water memiliki sembilan gerai yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Semua gerai itu milik pusat dan belum memiliki mitra. Bagi calon mitra yang berminat bergabung, Daily Fresh Water menawarkan paket investasi  Rp 100 juta.

Dengan investasi sebesar itu, mitra akan mendapat fasilitas mesin pengisi air, buku petunjuk, pompa air, pelatihan karyawan, dan semua peralatan dengan kualitas food grade. Ada biaya royalti

Paket investasi itu sudah termasuk franchise fee senilai Rp 50 juta selama lima tahun. Jika kontrak kerja sama berakhir, mitra bisa memperpanjang kemitraan dengan membayar kembali franchise fee Rp 50 juta. Mitra juga dikenakan royalty fee 10% dari omzet per bulan.

Daily Fresh Water menyediakan air minum isi ulang dengan harga Rp 5.000-
Rp 6.000 per galon. Mitra akan mendapatkan pasokan air isi ulang dari pusat tiap 2 minggu-3 minggu sekali. Untuk lokasi berjualan, lahan yang dibutuhkan minimal seluas 20 meter persegi dengan dua karyawan.

Iwan mengklaim, keunggulan Daily Fresh Water adalah paket investasinya terjangkau. Selain itu, bisnis air isi ulang ini  didukung teknologi canggih dan aman dengan sistem Hydro Water yang mengadopsi penjernihan air dari Jepang. Sumber airnya juga terkontrol. Jadi, air yang dihasilkan tidak tercemar bahan kimia dan segar alami.

Menurut Iwan, dari gerai Daily Fresh Water yang sudah beroperasi, rata-rata mampu menjual 150 galon-200 galon per hari. Dengan penjualan sebanyak itu, omzet gerai Daily Fresh Water rata-rata Rp 30 juta per bulan dengan laba bersih hingga 35%. Iwan menargetkan mitra bisa balik modal dalam satu setengah tahun.

Amir Karamoy, Pengamat Waralaba menilai, peluang bisnis air isi ulang bisa menjadi alternatif warga kota besar di tengah harga air kemasan yang terus mendaki.

Namun, pemilik franchise harus mencermati persaingan bisnis dengan merek pendahulunya seperti Blue atau merek lain yang mengklaim telah menggunakan teknologi ozon. "Franchisor juga harus menjamin higienis dan keamanan air untuk dikonsumsi," katanya.              

PT Airku Sehat Segar          
Jl. RE Martadinata, Ruko Mahkota Ancol Blok B No. 5. Jakarta Utara                        
Telp. 087876769006

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×