kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terus berusaha ciptakan tema baru untuk produknya


Jumat, 15 Mei 2015 / 16:29 WIB
Terus berusaha ciptakan tema baru untuk produknya
ILUSTRASI. Pekerja melintas di samping layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.


Reporter: Izzatul Mazidah | Editor: Hendra Gunawan

Menggarap bisnis cokelat dengan mengusung konsep budaya lokal sudah menjadi visi Meika Hazim dan suaminya dalam menjalankan usaha Cokelat nDalem. Dengan tujuan ingin mengenalkan budaya dan pariwisata Indonesia melalui oleh-oleh cokelat potong, Meika berhasil  mewujudkannya lewat   rasa cokelat yang sengaja  dipilih  mempunyai benang merah dengan kultur dan budaya Indonesia. Ditambah kemasan yang didekorasi dengan cerita khas Indonesia.

Untuk melengkapi ilustrasi, pada bagian belakang kemasan selalu dilengkapi dengan penjelasan dari setiap ilustrasi yang ada dalam dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan Inggris.

Inilah cara Meika agar produk cokelat nDalem sekaligus budaya Indonesia tidak hanya dikenal wisatawan lokal tapi juga dikenal wisatawan international. Selain mengemas produknya dengan balutan budaya Indonesia, bahan  baku utamanya pun asli dari  Indonesia.

Cokelat nDalem bekerjasama dengan perusahaan  besar untuk memproduksicokelat khusus dengan resep yang mereka miliki.  Resep tersebut yang hanya dibuat untuk Cokelat nDalem tidak untuk produk cokelat lain. Selain itu untuk memajukan petani kakao di Indonesia, Meika juga sudah mulai mengambil bahan baku dari petani  langsung untuk isian  cokelatnya. Misalnya bahan baku kopi untuk produk cokelat rasa kopi dipasok langsung dari petani di Kaliurang, Yogyakarta. Sementara bahan baku  kacang mede untuk cokelat isi kacang mede dipasok dari petaninya di Gunung Kidul.

Ke depannya Meika akan terus fokus pada bisnis cokelat ini. Dia ingin memiliki mesin pengolahan cokelat sendiri  agar bisa mengolah cokelat dari  biji  sampai menjadi cokelat potong. Selama ini cokelat yang diolah di gerainnya hanya dari cokelat bar yang dipadu padankan dengan berbagai rasa.

Dengan harapan ini, Meika ingin mengambil langsung biji ini dari petani kakao Indonesia sehingga wanita muda ini bisa membantu kesejahteraan lebih banyak orang lagi.

Selain itu Meika juga ingin mengenalkan konsep  single origin yang juga  bisa diterapkan pada cokelat, tidak hanya pada kopi. Maksudnya, hanya ada bahan baku biji cokelat dari satu daerah saja, tidak ada campuran dari biji cokelat daerah lain.

Bicara soal produk baru, Meika sebagai alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), pada 1 Mei 2015 kemarin dia luncurkan Cokelat Jogja Istimewa sebagai pengabdiannya kepada kota ini.

Meika juga sedang mempersiapkan cokelat dengan rasa baru yang sebentar lagi akan diluncurkan. "Saat ini kami masih mempersiapkan materi kemasannya," ucap Meika.

Berkat kerja kerasnya memperkenalkan merek Cokelat nDalem, Meika Hazim berhasil menyabet sejumlah penghargaan salah satunya nDalem Cokelat, terpilih menjadi UKM 500 WOW 30 April 2015 dari program Kementrian Koperasi dan UKM, LLP –KUKM.

Dengan memenangkan penghargaan tersebut, Meika akan diberikan ruang untuk mempromosikan Cokelat  nDalem di Galeri  Indonesia  WOW di Gedung Smesco, Jakarta. (Selesai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×