PELUANG USAHA
Berita
Tupai terbang, permintaannya melayang tinggi (1)

BUDIDAYA TUPAI TERBANG

Tupai terbang, permintaannya melayang tinggi (1)


Telah dibaca sebanyak 7262 kali
Tupai terbang, permintaannya melayang tinggi (1)

Indonesia terkenal sebagai salah satu tempat bermukim banyak satwa yang unik dengan kemampuan istimewa. Salah satu satwa itu adalah tupai terbang. Dalam lima tahun terakhir, permintaan para penghobi akan jenis hewan mamalia ini meningkat cukup pesat.

Tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni) merupakan hewan berkemampuan istimewa. Ia adalah satu-satunya jenis tupai yang bisa melayang terbang di udara.

Keistimewaan ini didukung perangkat glider, yakni lapisan kulit di sisi kiri dan kanan yang menghubungkan kaki depan dan belakang binatang tersebut. Saat si tupai meregangkan keempat kakinya, lapisan kulit ini pun terkembang bagai sayap burung. Keberadaan selaput inilah yang membuatnya mampu melayang di udara.

Tupai pun menggunakan kemampuan ini untuk berpindah tempat dari satu pohon ke pohon yang lain. Lalu, ekornya yang cenderung luwes menjadi pengendali arah penerbangannya.

Catatan rekor ketinggian jelajah si tupai penghuni belantara Asia, Eropa dan Amerika Utara ini juga luar biasa. Mereka bisa terbang hingga ketinggian 50 meter.

Hanya, tupai yang mendiami hutan di Asia mempunyai ukuran lebih kecil, yakni panjang tubuh 20 cm dengan ekor 15 cm. Bobot terberat tubuhnya maksimal 2,5 kilogram.

Tupai ini memiliki mata membulat yang besar dan cakar tajam di ujung jemarinya. Hewan pengerat yang suka bersuara ribut ini juga punya banyak ragam warna. Umumnya, paduan bulu cokelat dan abu-abu.

Tapi ada varian lain, yakni abu-abu secara keseluruhan atau bulu merah kecoklatan di bagian atas dan putih kotor atau krim cerah di bagian bawahnya. Warna-warna ini menjadi bagian dari sistem pertahanan dan penyamaran di alam liar.

Menurut Angga Bima, penjual tupai terbang di Bandung, permintaan akan hewan lucu ini terbilang meningkat dari tahun ke tahun. Awal tahun ini, ia menjual 10 hingga 20 ekor per bulan. Kini, penjualannya sudah mencapai 100 ekor per bulan.

Banderol harga tupai terbang berumur satu tahun berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per ekor. "Per bulan saya bisa meraih omzet Rp 12 juta," ujarnya.

Angga biasanya melayani pemesanan dari Jakarta, Bandung, Semarang dan beberapa kota di Sumatra dan Kalimantan. Para konsumen biasanya memesan via telepon dan Angga mengirimkannya lewat paket.

Hewan ini diminati karena selain bentuknya yang unik, ia termasuk hewan yang manja dan menggemaskan. Kalau sudah akrab dengan pemiliknya, ia bisa mengenali aroma tubuh si pemilik, sehingga meski suka melayang dan loncat dari pohon ke pohon, ia bisa kembali ke tempat majikannya kapan saja.

Tupai ini mengandalkan sumber makanan berupa berbagai jenis tanaman, biji-bijian, kacang-kacangan, dedaunan, ranting muda, pucuk tanaman, bunga dan akar-akaran. Sebagai selingan, tupai juga bisa makan aneka serangga, telur, cacing, burung-burung kecil dan hewan lain yang ukuran tubuhnya kecil. "Sesekali juga, tupai terbang akan menyeret bangkai," ujar Angga.

Menurut Sunaryo, yang baru menjual tupai sejak tiga tahun lalu, permintaan meningkat karena masyarakat mulai mengetahui keunikan dan wajah imut hewan ini. "Mereka yang membeli tupai ini biasanya berumur 30 tahun ke bawah," ujarnya.

(Bersambung)

Editor: Tri Adi
Telah dibaca sebanyak 7262 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..