kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aplikasi Tokotalk diharapkan jadi solusi dalam fitur penjualan via website online


Selasa, 01 Oktober 2019 / 10:28 WIB
Aplikasi Tokotalk diharapkan jadi solusi dalam fitur penjualan via website online


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Era digital memang tak bisa lagi dimungkiri bagi para pelaku usaha online lama maupun baru. Apalagi saat ini berjualan secara online sudah semakin merajalela dengan layanan yang mudah. Namun, ada salah satu aplikasi atau perusahaan rintisan baru yang menghadirkan platform solution untuk penjual online di sosial media yakni Tokotalk.

Baca Juga: Bank hingga fintech, gurita bisnis keuangan Grup Astra

Tokotalk merupakan solusi platform yang dihadirkan pada 2016 bagi para seller online di sosial media dalam mengelola toko online mereka. Platform ini menyediakan berbagai fitur dari yang gratis hingga yang berbayar dengan point lebih seperti pilihan fitur yang lebih bervariasi.

Salah satu fiturnya adalah, Tokotalk membantu penjual online untuk membuat website atau domain pribadi dengan berbagai pilihan tema lucu untuk tokonya. Tokotalk juga terintegrasi dengan beberapa sosial media seperti Facebook dan Instagram serta layanan chatbot di dalam fiturnya.

Adapun di dalam website Tokotalk juga sudah terintegrasi dengan berbagai kurir pengiriman dan dilengkapi dengan berbagai metode pembayaran. “Semua ini bisa didapatkan oleh semua sellers yang mendaftar, tanpa membutuhkan kemampuan coding atau desain dari para sellers,” Kata Jinmahn Hong, CEO TokoTalk kepada KONTAN, Selasa (1/10). 

Baca Juga: Menabur benih keuntungan dari hijaunya arena berkebun

Adapun, website yang ditawarkan tersebut berbasis mobile karena dibuat berdasarkan pasar Indonesia. Seperti yang diketahui, kebanyakan pembeli online menggunakan chat untuk memesan produk di toko online.

“Kami tidak ingin mengubah kebiasaan ini, justru kami mencari solusi dengan menyesuaikan TokoTalk berdasarkan kebiasaan itu,” Tambahnya. 

Hingga saat ini, Jinmahn mengatakan pihaknya sudah memiliki mitra atau penjual online sebanyak 155.000. Ia pun mengklaim, para mitra nya berhasil meningkatkan penjualan mereka sebanyak 5-10 kali lipat semenjak bergabung dengan Tokotalk.

Baca Juga: Mengintip keunggulan aplikasi Qasir.id yang telah diunduh 100.000 kali

Bagi yang akan bergabung, ada fitur gratis yang bisa digunakan oleh para mitra. Namun ada juga fitur lebih lengkap yang justru berbayar yakni mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 750.000 per bulan dengan sistem berlangganan. Apabila mitra sudah bergabung, seluruh pendapatan mereka tidak dikenakan potongan atau komisi alias sepenuhnya milik mitra. 

Dengan pertumbuhan yang terus tumbuh setiap tahunnya, ia optimis bahwa platform ini akan berkembang, apalagi di tahun ini dirinya mengklaim  Gross Merchandise Value (GMV) yang dicapai berjumlah Rp 20 miliar. 

“Jika berkaitan dengan gross merchandise value (GMV), kami mengalami pertumbuhan sebesar 50% month over month (MoM) semenjak TokoTalk diluncurkan. Untuk saat ini, GMV kami telah mencapai Rp 20 milyar,” Ujarnya. 

Baca Juga: Meski Pasar Lesu, Penjualan Mobil dan Pangsa Pasar Astra International (ASII) Naik

Untuk itu, ia pun optimistis bisa bertumbuh sekitar 50% setiap bulannya. Ada beberapa cara agar target itu bisa tercapai yakni memberikan fitur-fitur lain yang memudahkan bagi para mitra seller seperti tampilan website dengan conversation rate atau angka kunjungan pembeli, terintergasi dengan payment gateaway untuk transaksi yang lebih aman, menyediakan one klick marketing tools yang efisien, dan membangun edukasi bagi seller muda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×