kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah usaha yang bisa cuan di tahun kerbau logam


Sabtu, 13 Februari 2021 / 09:25 WIB
Inilah usaha yang bisa cuan di tahun kerbau logam


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai 12 Februari 2021, dalam astrologi China tahun ini merupakan tahun kerbau logam. JIka dilihat dari sisi fenghsui, maka usaha atau bisnis yang mempunyai elemen logam dan air bakal menguntungkan. 

Konsultan bisnis dan waralaba DK Consulting Djoko Kurniawan setuju dengan pendapat tersebut. Bahwa memang ada usaha yang bisa berkembang pada tahun kerbau logam. Sektor tersebut adalah di bidang kesehatan. 

"Unsur logam sangat kuat di dunia medis. Kita lihat saat ini unsur Ag+ atau ion perak mulai dipakai untuk tisu basah dan antiseptik cair," ujar Djoko kepada KONTAN, Kamis (11/2).

Dia pun menyebut, industri farmasi dengan produk vitamin yang meningkatkan daya tahan tubuh masih akan terus terus bertumbuh di tahun ini. Tak hanya itu, produk-produk yang penjualannya dianggap meningkat signifikan adalah  produk-produk minuman kesehatan yang mengandung vitamin C, D, dan E. "Jika pebisnis jeli, mereka bisa masuk ke area 'sehat' dengan produk-produknya. Misal perusahaan cat dengan cepat meluncurkan produk dengan tambahan unsur Ag+," terang Djoko.

Baca Juga: Catat, waralaba kuliner masih bisa eksis di tahun 2021 ini

Lebih lanjut para pebisnis juga harus jeli memanfaatkan momentum ini untuk meluncurkan produk-produk  dengan seri steril atau sehat. Maklum, hingga kini pandemi korona masih terus berlangsung. Dan varian produk sehat tersebut bisa diterapkan di berbagai produk yang ada. Seperti peralatan kantor atau sekolah yang steril dari sisi produk termasuk juga kemasannya.

Tema kesehatan di tahun kerbau logam ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis kuliner. Caranya adalah sudah barang tentu dengan memperhatikan pada unsur higienis dan kesehatan dari produk makanan yang dijajakan. Mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan hingga penyajiannya.

Beberapa bidang usaha yang masih bisa cuan, menurut Djoko,  di tahun kerbau logam yakni makanan dan minuman, klinik kecantikan, kebutuhan pokok, hingga produk dan usaha lainnya yang ada unsur kesehatannya. 

Namun bidang usaha tersebut, termasuk juga yang lainnya juga  harus bisa melihat situasi di lapangan. Kalau ada perubahan, Djoko sarankan harus bisa cepat beradaptasi untuk bisa bertahan.

Sementara itu Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia Levita Supit  menambahkan beberapa bidang usaha yang masih bisa jalan di tahun ini. Selain yang punya unsur kesehatan, ada lagi bisnis herbal. Kemudian usaha tanaman hias yang masih berkembang, juga yang tak kalah menarik adalah usaha makanan binatang seperti kucing dan anjing.

Tak lupa Evita mewanti-wanti para pebisnis untuk memperhatikan juga strategi penjualan bagi produk yang dijajakannya supaya lebih optimal lagi mengarah ke sarana digital.

Selanjutnya: Identik dengan warna merah dan kembang api, ini sejarah dan asal-usul Imlek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×