kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Layanan tiket bus online Easybook siap merambah hingga Papua


Senin, 03 Desember 2018 / 22:36 WIB
Layanan tiket bus online Easybook siap merambah hingga Papua
ILUSTRASI. TERMINAL BUS PULO GEBANG


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Easybook, salah satu platform pemesanan tiket bus terus bertumbuh. Adapun total transaksi yang telah dicatatkan perusahaan sejauh ini sebanyak 7.500 transaksi.

Andy Darmawan, Country Manager Easybook Indonesia menyebutkan pertumbuhan bisnis perusahaan ini cukup signifikan. "Tahun lalu dari pihak operator masih banyak yang menolak, tapi di tahun ini pertumbuhan bisa mencapai 20%," ujarnya saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (3/12).

Ia tidak menyebutkan secara detail terkait angka pendapatan. Dibandingkan tahun lalu diharapkan total transaksi yang terjadi di easybook bisa bertumbuh dua kali lipat atau sebanyak 10.000 transaksi dibandingkan tahun lalu sebanyak 5.000 transaksi. Adapun saat ini, jumlah transaksi yang telah terjadi sebanyak 7.500 transaksi. Adapun permintaan per bulannya ia menyebutkan 600 tiket terjual.

Adapun untuk range harga yang ditawarkan untuk pemesanan tiket transportasi tersebut mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 800.000 per kursi.

Untuk menggenjot transaksi, perusahaan ini terus berusaha  meningkatkan pemasaran. Supaya lebih mengenalkan easybook kepada masyarakat.

Easybook sendiri merupakan platform online untuk memesan tiket baik tiket bus, kereta api, dan feri. Namun, ia bilang memang paling banyak permintaan yang diterima perusahaan untuk pemesanan tiket bus. "Komposisinya 60% permintaan tiket bus, sisanya masing-masing 20%," tuturnya.

Adapun easy book saat ini telah bermitra dengan lebih dari 200 operator bus di Indonesia. Andy bilang tim operatornya telah berada di Kalimantan, Aceh, Sulawesi. Bahkan di tahun depan, ia bilang berencana menambah di Papua.

Sedangkan permintaan tiket untuk antar kota dan antar provinsi perbandingannya disebutkan 30% untuk antar kota, dan 70% untuk antar provinsi. Bahkan ia bercerita pernah menerima pesanan dari Jakarta-Labuan Bajo yang notabene membutuhkan waktu 3 hari perjalanan.

Karenanya, ia optimistis dengan maraknya pemain sejenis market dari moda transportasi bus ini memiliki market yang sangat besar. Bahkan, turis asing yang mengunjungi Indonesia secara konsisten juga menggunakan jasa easybook. "Kami melayani 20% permintaan dari turis asing," ujarnya.

Selain market yang masih besar, ia menyebutkan bahwa keunggulan dari easybook sendiri terletak pada sistem yang dimiliki perusahaan. "Kalau kompetitor bantu jual aja, kami memiliki sistem internal untuk perusahaan tersebut, Kami juga memberikan bantuan ke perusahaan melalui backend sistem kami, jadi semua lewat online secara internal perusahaan sehingga agen-agen ini dipermudah dan dipercepat dalam menjual tiket," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×