kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melirik empuk bisnis boneka karakter custom


Rabu, 05 Desember 2018 / 22:44 WIB
Melirik empuk bisnis boneka karakter custom
ILUSTRASI. Boneka Karakter


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Meski model boneka sudah beragam, namun, tak menyurutkan semangat orang untuk terus berkreasi. Model boneka terus mengalir mengikuti tren dan keinginan pasar.

Salah satunya, boneka karakter. Disebut demikian, lantaran bentuk boneka ini mengikuti karakter seperti yang diinginkan para pemesannya. Sebut saja, karakter salah satu KPop, atau merujuk pada gaya penampilan dan profesi seseorang.

Wahyu Lies Sundoro, salah satu pembuat boneka karakter pun meraup berkah dari tren boneka karakter ini. Ia membuatnya secara custom. Model yang pernah Wahyu buat adalah boneka bergaya jawa dengan memakai blangkon, atau boneka yang menampilkan profesi tertentu, seperti tentara, perawat, guru dan lainnya.

Biasanya, boneka-boneka ini memang dipesan sebagai hadiah atau suvenir. Sehingga, seringkali pemesanan memang menyebut karakteristik unik dari orang-orang yang akan diberi boneka tersebut.

Wahyu memakan bahan-bahan untuk membuat boneka pada umumnya. Yaitu, kain velboa (bulu lembut), Nylex (tekstur kulit), flannel untuk pakaian, kain dengan beragam jenis, spon, dan aksesoris lainnya. Ia mempekerjakan empat karyawan dalam proses produksi.

“Kapasitas produksi per harinya bisa berkisar 30-50 boneka, tergantung tingkat kerumitannya juga," jelas Wahyu. Dalam sebulan, rata-rata order yang menghampirinya sekitar 300 pesanan.

Ia menjual boneka karakter ini mulai dari harga Rp 150.000 untuk ukuran 25cm dan Rp 200.000 untuk 40 cm. Wahyu mengklaim, saat ini, produknya tak hanya dikenal di Indonesia saja, tapi sudah mencapai Eropa, Amerika dan Australia.

Pemain lainnya adalah, Jarwati, pemilik Ayskacraft.  Jarwati pun menilai bisnis boneka karakter ini masih potensial. Lantaran bisa didesain sesuai keinginan, peminat boneka ini terus bertambah.

Wati juga membuat bermacam boneka karakter, seperti boneka pengantin sesuai adat, boneka wisuda, boneka keluarga dan boneka profesi TNI, polisi, dokter, koki dan lain sebagainya. Ia membanderol bonekanya mulai Rp 50.000-Rp 700.000 tergantung ukuran dan tingkat kerumitan. “Harga tergantung dari jumlah boneka dan ukuran kemasannya,” terang Wati.

Biasanya, pesanan ramai menjelang musim wisuda, Lebaran atau musim pernikahan. Untuk menggarap pesanan boneka karakter ini, Wati hanya dibantu oleh suaminya.

Oleh karena itu, waktu pengerjaannya lumayan lama. Bisa satu hingga dua minggu, tergantung tingkat kerumitannya. Selain boneka karakter satuan, dia juga mengembangkan karyanya menjadi boneka karakter untuk mahar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×