kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WeCare.id ajak donasi medis mulai Rp 25.000


Selasa, 17 Oktober 2017 / 14:46 WIB
WeCare.id ajak donasi medis mulai Rp 25.000


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - Berangkat dari kegelisahan untuk membantu pasien-pasien yang masih kesulitan mendapatkan layanan medis yang optimal. Khususnya, tidak memiliki akses pendanaan yang cukup untuk kebutuhan medis, membuat Gigih Septianto mendirikan start-up WeCare.id.

WeCare.id resmi diluncurkan pada 15 Oktober 2015.

"Secara sederhana WeCare.id membantu mengumpulkan dana dari publik untuk mendanai pasien-pasien yang didaftarkan oleh rekan medis kami (dokter atau rumah sakit)," kata Gigih.

Gigih bercerita, dalam memulai WeCare.id pihaknya tak menggunakan modal dari luar sama sekali. Jadi benar-benar memanfaatkan sumber daya yang ada secara swadaya di awal.

Ada tiga layanan yang ditawarkan WeCare.Id. Pertama, layanan Bantu Pasien untuk membantu pasien-pasien yang masih kekurangan biaya medis untuk menggalang dana dari masyarakat luas. Hingga saat ini sudah sekitar 205 pasien lebih yang terbantu dengan total pendanaan lebih dari Rp miliar.

Kedua, Bantu Insiatif. Gigih bilang, selain bantu pasien, pihaknya juga mencoba untuk membantu menggalang dana untuk organisasi atau komunitas yang memiliki program-program berkaitan dengan isu kesehatan. Misalnya, program cek kesehatan gratis atau penyediaan nutrisi di desa-desa.

"Untuk Bantu Inisiatif belum banyak, baru sekitar 10 inisiatif yang sudah kami galangkan dananya," ujar Gigih.

Ketiga, layanan Ajukan Pasien. Untuk mengajukan pasien ada dua cara, yang pertama yaitu melalui Medikator/Medical Partners WeCare.id, di mana pasien akan diajukan oleh mitra medis yang terdiri dari dokter atau rumah sakit.

Selain itu weCare.id juga menerima ajuan pasien dari publik melalui Katalis, sehingga siapa saja dapat mengajukan pasien ke WeCare.id.

Dalam waktu dekat ini, Gigih bilang akan mengembangkan konsep membership. "Mirip seperti microinsurance untuk memfasilitasi kebutuhan layanan medis yang sifatnya jangka panjang untuk pasien," imbuh Gigih.

Untuk mendapatkan dana, WeCare.id akan melakukan kampanye crowd funding untuk setiap pasien yang sudah disetujui. "Melalui situs kami para pendonor dapat memilih pasien mana yang akan dibantu. Pendonor dapat berdonasi mulai dari Rp 25.000," papar Gigih.

Pendonor akan mendapatkan laporan setiap kali pasien mengalami kemajuan dalam perawatan medisnya. Selain itu dana yang di-disburse ke pasien akan ditampilkan secara transparan melalui website wecare.id.

Tertarik berdonasi di Wecare.id?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×